Galih Prasetyo
Galih Prasetyo penulis lepas

priaibra.com | bomber.id | ayah pria ibra

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

"Roy of the Rovers" Komik Sepak Bola yang Lebih Tua Dibanding "Captain Tsubasa"

6 Desember 2018   17:34 Diperbarui: 7 Desember 2018   09:32 592 4 0
"Roy of the Rovers" Komik Sepak Bola yang Lebih Tua Dibanding "Captain Tsubasa"
Roy of the Rovers | bbc.com

Bagi kebanyakan pencinta sepakbola tentu saja tidak asing dengan serial komik karya Yoichi Takahashi, Captain Tsubasa yang rilis pertama kali pada 13 April 1981. 

Serial Captain Tsubasa begitu menginspirasi banyak orang untuk berkarier sebagai pesepakbola, seperti Fernando Torres atau pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. "Aku ingin menjadi pesepak bola karena aku menonton ini (Kapten Tsubasa).Aku ingin menjadi seperti Oliver," kata Torres.

Serial komik Captain Tsubasa memang sangat melekat bagi generasi 90-an. Komik ini bercerita tentang seorang bocah bernama Tsubasa Ozora menjalani karier sepakbola di Jepang. 

Ia bergabung dengan klub sepakbola lokal, FC Nankatsu. Dari klub lokal ini, Tsubasa bersama sejumlah rekannya seperti Genji Wakabayashi mampu menembus Timnas Jepang dan bermain di kompetisi internasional.

Serial komik Tsubasa yang mencapai 37 volume ini pada 10 Oktober 1983 hingga 27 Maret 1986 untuk pertama kalinya masuk ke jaringan TV di Tokyo, Jepang. 

Serial kartun ini menarik banyak penonton hingga bisa berseri hingga 25 episode Di antara tahun 1985 hingga 1986, muncul film Captain Tsubasa sebanyak 4 seri. 

Alur cerita di serial tv dan film tak jauh berbeda dengan isi dalam komik. Lalu pada medio 90-an, Studio Comet merilis serial TV sebanyak 47 episode.

Pada 2018 lalu Captain Tsubasa kembali rilis dalam bentuk film di TV Tokyo untuk menghormati perhelatan Piala Dunia 2018. Film terbaru Tsubasa ini disutradarai oleh Toshiyuki Kato dan pada 04 Agustus 2018 lalu film ini rilis di Amerika Serikat dengan bahasa Inggris.

Bila Captain Tsubasa dianggap sebagai bagian tak terpisahkan bagi generasi sepakbola 90-an, maka bagi generasi 60-an hingga 70-an utamanya mereka yang berdomisili di Inggris, serial komik Roy of The Rovers-lah yang jadi inspirasinya.

Salah satu penggawa Timnas Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966, Bobby Moore mengatakan bahwa serial Roy membuatnya memutuskan untuk jadi seorang pesepakbola. 

Eks striker Alan Shearer juga mengaku sempat beberapa kali membaca serial komik ini. Belakangan Shearer malah dianggap sebagai gambaran nyata di masa depan tokoh utama di serial Roy of the Rovers.

Serial komik Roy of The Rovers merupakan salah satu serial komik sepakbola tertua, komik ini pertama kali rilis pada 11 September 1954 dan dikarang oleh Frank S Pepper. 

Awalnya komik Roy muncul sebagai bagian dari majalah komik Tiger yang begitu laris di Inggris pada medio 50-an. Di puncak kesuksesannya, komik ini kabarnya sempat terjual hampir 450.000 eksemplar tiap minggunya.

Roy of the Rovers | thesun.co.uk
Roy of the Rovers | thesun.co.uk
Tak jauh berbeda dengan cerita Tsubasa, komik Roy juga menceritakan seorang tokoh fiktif bernama Roy Race yang bercita-cita ingin jadi pesepakbola terbaik di Inggris. 

Awal karier sepakbola Roy di dalam serial komik disebutkan bergabung ke klub bernama Melchester Rovers, klub yang digambarkan sebagai klub papan tengah. Bersama rekannya, Blackie Grey, Roy mulai membela tim junior Melchester.

Ada kalanya plot dalam serial komik tersebut menceritakan bagaimana usaha Roy Race bersama rekan-rekannya menyelamatkan klub dari jurang degradasi, lantas di seri komik yang lain juga diceritakan bagaiaman klub tersebut mampu meraih prestasi terbaik sepanjang satu musim. 

Roy misalnya mampu membawa Melchester meraih gelar Liga Inggris, Piala FA, Piala Champions, hingga Piala Winners

Yang menarik juga, di serial komik Roy juga ada plot cerita bagaimana Melchester Rovers melakukan tur pramusim di kawasan Amerika Selatan dan harus menemui masalah dengan aksi penculikan sejumlah pemain oleh para separatis bersenjata. 

Nuansa politik (pertentangan dengan kelompok Komunis) cukup terasa di sejumlah plot dalam komik ini yang mengangkat kisah penculikan tersebut. Bahkan serial yang rilis pada Juli 1986 sempat menuai pro kontra.

Pasalnya dalam serial tersebut dikisahkan bahwa 8 anggota tim Melchester tewas saat melakukan tur pramusim di kawasan Timur Tengah. Di dalam komik tersebut, ke-8 pemain tersebut tewas setelah sekelompok teroris menabrakan mobil mereka yang bermuatan bom ke bus tim Melchester. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2