Mohon tunggu...
Ari Priyono
Ari Priyono Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Marketing

Saya bekerja di CV. Suara Akustindo Global yang bergerak di bidang akustik ruangan. jasa peredam suara kami meliputi peredam suara untuk studio, peredam suara gedung, peredam suara home theater.

Selanjutnya

Tutup

Home

4 Cara Sederhana Membuat Ruangan Kedap Suara

9 September 2022   10:22 Diperbarui: 25 September 2022   13:27 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Bagi sebagian orang, memiliki rumah atau kamar tidur yang kedap suara memang bisa memberikan kenyamanan tersendiri. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kawasan yang ramai penduduk atau dekat dengan pinggir jalan yang cenderung berisik. Dalam kondisi seperti ini, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk membuat peredam suara ruangan.

Namun, sebelum Anda menggunakan peredam suara sederhana ini, ada baiknya mengecek terlebih dahulu sumber kebisingan. Dengan mencari tahu dari mana asal suara, Anda bisa lebih mudah menentukan jenis peredam suara sederhana mana yang bisa Anda gunakan.

1. Meredam Suara dengan Menutup Celah Pintu dan Jendela

image: pinhome.id
image: pinhome.id

Jika kebisingan berasal dari luar ruangan, sumbernya bisa jadi berasal dari celah jendela atau pintu rumah Anda. Jika ini adalah masalah yang Anda alami, langkah yang bisa diambil adalah menutup celah yang ada. Anda bisa memanfaatkan weather strips atau door draft protector untuk mencegah agar suara bising tidak masuk lagi ke dalam rumah.

2. Memasang Karpet Lantai yang Tebal

image: unsplash.com
image: unsplash.com
Tahukah Anda bahwa karpet yang tebal juga bisa berfungsi sebagai peredam suara sederhana? Degan memasang karpet rug pad berkualitas di lantai ruangan, ini dapat membantu meredam suara bising. Selain mencegah suara dari luar masuk ke dalam, karpet juga dapat membantu meredam suara dari dalam ruangan agar tidak terdengar ke luar.

3. Menggunakan Cat Peredam Suara

Beberapa jenis cat dinding ternyata dirancang dengan formula khusus sehingga dapat menurunkan tingkat polusi suara sampai 30%. Salah satu produsen cat dinding anti bising adalah Serenity Coating. Penggunaan cat ini tentu akan sangat efisien karena selain mempercantik ruangan dengan warna-warninya, bisa sekaligus membuat suara bising tidak masuk dan mengganggu kenyamanan.

4. Memasang Panel Akustik atau Rockwool

Panel akustik merupakan alat peredam suara yang biasa dipasang di ruangan home theater atau di studio musik. Kemampuannya dalam meredam pantulan atau gelombang suara memang sangat ampuh mengusir bising yang mengganggu. Anda cukup membeli dan memasangnya sendiri pada ruangan yang ingin dibuat kedap suara.

image: kedap-suara.com
image: kedap-suara.com

Selain panel akustik, rockwool juga bisa jadi pilihan peredam suara yang sederhana dan mudah digunakan. Rockwool sendiri merupakan serat mineral yang dibuat dari bebatuan yang didesain sebagai peredam suara dan isolasi panas.

Ilustrasi Video : Solusi Ruangan berperedam suara Untuk Mengatasi Polusi Suara Yang Mengganggu Kesehatan dan Meningkatkan Produktifitas Kerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan