Mohon tunggu...
Dokter Bejo
Dokter Bejo Mohon Tunggu...

Dokter Bejo, sumber referensi menarik seputar kesehatan, gaya hidup sehat, produk kesehatan, jasa kesehatan, menjawab fakta mitos kesehatan. Jadilah konsumen produk kesehatan yang cerdas! Salam Dokter Bejo

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Lima Fakta yang Belum Diketahui tentang Kota Serambi Madinah

14 Juni 2017   13:10 Diperbarui: 14 Juni 2017   13:20 2275 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Fakta yang Belum Diketahui tentang Kota Serambi Madinah
istimewa

Kalau Banda Aceh dikenal sebagai Serambi Mekkah, maka Gorontalo dikenal sebagai Kota Serambi Madinah. Menjadi provinsi termuda di Indonesia ternyata tidak membuat Provinsi Gorontalo kalah bersaing dengan daerah lain karena memiliki keunikan dan keunggulan yang belum diketahui banyak orang. Apa saja?

1. Nilai Adat & Agama yang Kental

Julukan sebagai Kota Serambi Madinah muncul sebagai manifestasi nilai adat, nilai kesopanan dan nilai norma Agama yang dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Masyarakat Gorontalo terkenal dengan filosofi adatnya yakni 'Adati Hula-hula’a to Sara’a Hula-hula’a to Qur’an (ASQ) atau 'Adat bersendikan Syara, Syara bersendikan Kitabullah'.

Bahkan pemerintah daerah setempat telah mencanangkan kota “Bumi Maleo” ini sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) setelah Lombok, sehingga diharapkan mampu menarik wisatawan domestik dan internasional, khususnya Timur Tengah.

2. Kekayaan Laut yang Berlimpah

Terbentang di sepanjang pantai utara Teluk Tomini, Sulawesi Utara, Gorontalo merupakan surga alam bawah laut yang tersembunyi. Kekayaan hayati serta keanekaragaman terumbu karang dan makhluk laut memenuhi perairan yang terletak persis di garis khatulistiwa. Salah satu contohnya adalah kemunculan kawanan hiu paus (rhincodon typus) di perairan Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango. Kemunculan hiu paus tersebut menjadi anugerah bagi warga dan nelayan setempat, karena mendatangkan wisatawan lokal dan asing.

3. Melahirkan Tokoh Nasional & Dunia

Tokoh-tokoh terkenal yang lahir di tanah Gorontalo antara lain : Hans Bague Jassin (sastrawan), Jusuf Syarif Badudu (Pakar Bahasa), Thoyeb M. Gobel (pengusaha), Ciputra (pengusaha), Arifin Ponogoro (pengusaha), Fadel Muhammad (politikus), serta tokoh dunia sekaligus Presiden RI ketiga, BJ Habibie yang dikenal sebagai ilmuwan konstruksi pesawat terbang.

4. Manggata yang Berkhasiat

Umbi manggata banyak digunakan sebagai obat penguat rambut, meredakan demam, kencing batu, nyeri lambung, keputihan, memperlancar buang air besar, mempercepat proses pembekuan darah, dan penyembuhan penyakit kulit. Tanaman ini juga dipercaya sebagai obat anti kanker.  Manggata merupakan salah satu jenis rerumputan yang sering dianggap mengganggu, tetapi oleh masyarakat setempat dijadikan tanaman obat untuk kesehatan.

5. Inovator Produk Kesehatan Tanaman Obat Herbal

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN