Mohon tunggu...
Kesehatan Pilihan

Big Data dalam Bidang Kesehatan

13 November 2018   17:00 Diperbarui: 14 November 2018   12:54 1070 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Big Data dalam Bidang Kesehatan
health-care-technology-2016-5bebb78a12ae9456b83956e4.jpg

Apa itu big data? Big data adalah salah satu kata yang sering saya dengar di kalangan penggiat IT. Mungkin untuk sebagian orang telah mengetahui apa itu big data, singkatnya, Big data adalah istilah untuk sekumpulan data yang sangat besar dan kompleks yang tidak bisa diolah hanya dengan manajemen basis data biasa seperti wordstar dan wordperfect. Big data sangat bermanfaat besar bagi bisnis karena big data dapat memberikan pemrosesan yang baru maupun yang sudah ada, salah satu contoh kegunaan big data adalah dapat bermanfaat bagi bidang kesehatan.

Penerapan big data dalam bidang kesehatan

Seperti yang dibahas sebelumnya, jika dalam bidang bisnis big data dimanfaatkan untuk mengetahui siapa pelanggan yang lebih baik, dan meningkatkan pengalaman konsumen, dalam bidang kesehatan big data sangat berperan penting untuk membantu tenaga medis, seperti dokter, perawat dan personel rumah sakit lainnya. Big data berperan untuk mengolah data besar terkait pasien seperti data obat yang akan dikonsumsi dan yang tidak boleh dikonsumsi. Selain itu, big data juga berperan untuk memroses data-data pribadi pasien.

Dan lagi, big data dapat menjadi tulang punggung sebuah rumah sakit, karena jika big data dikombinasikan dengan teknologi rumah sakit, keduanya akan menghasilkan analisis yang akurat. Sehingga jika seorang pasien melakukan pengobatan di rumah sakit lain atau di rumah sakit yang berbeda data dari rekam medis pasien tersebut akan menjadi lebih mudah karena terintegrasinya data-data mereka.

Salah satu kesalahan yang terkadang terjadi karena pihak rumah sakit adalah salah memberikan obat, hal ini biasa nya terjadi karena pihak rumah sakit tidak memiliki cukup data dari pasien tersebut, dengan adanya big data pihak rumah sakit dapat mengolah data-data dari para pasien yang telah dikumpulkan dan dapat mengurangi kesalahan pemberian obat pada pasien. Termasuk apakah pasien benar-benar membutuhkan obat atau hanya perlu istirahat yang cukup, dengan begini termasuk juga mengurangi ketergantungan pasien terhadap obat.

Di samping untuk membantu pasien dan pihak rumah sakit big data juga dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah diagnosa penyakit. Dengan dikombinasikan dengan teknologi lainnya, big data dapat menjadi penunjang utama dalam bidang kesehatan dan bisa menciptakan sebuah alat diagnosis untuk merekam gejala penyakit setiap tahunnya. Dengan adanya ini dunia kesehatan bisa mengantisipasi atau mencegah sebuah wabah penyakit menyebar.

Semua keuntungan di atas tentunya tidak dapat dicapai tanpa tool big data yang mumpuni. Di Indonesia sendiri terdapat Paques, solusi big data asal Indonesia yang memiliki konsep smart data lake di mana semua jenis data dapat diproses dan diolah tanpa harus diubah bentuknya terlebih dahulu. Fitur ini krusial karena meningkatkan efisiensi bisnis dan menghemat waktu.

 Sekian sedikit penjelasan tentang pengertian big data dan penerapan big data dalam bidang kesehatan, semoga dapat membantu.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x