Mohon tunggu...
indo dicaprio
indo dicaprio Mohon Tunggu... ok

Saya adalah seorang mahasiswa yang sedang menempuh petualangan di kampus tercinta

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Etika Belanja Online agar Tidak Dibenci oleh Penjual

8 Januari 2020   19:10 Diperbarui: 9 Januari 2020   17:50 46 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Etika Belanja Online agar Tidak Dibenci oleh Penjual
Foto Pribadi

 Dengan adanya platform jual-beli online seperti Shopee dan teman-temannya, kalian tidak perlul lagi berpergian keluar rumah untuk mencari barang yang kalian butuhkan, mulai dari kebutuhan rumah, kosmetik, bahkan kendaraan bermotor bisa kalian dapatkan di aplikasi tersebut.Kita sebagai pelaku transaksi juga pasti memiliki keluh kesah masing-masing, entah itu dari si penjual yang slow-respond, pengiriman barang yang telat, bahkan ditipu oleh si pejual.

Hal tersebut pasti membuat kita kesal. Eits, jangan lupa untuk melihat dari sisi penjual, karena mereka pasti juga memiliki unek-unek yang mereka simpan dan penyebabnya mungkin dari si pembeli. Maka dari itu hargailah si penjual tersebut, karena mereka juga manusia yang tidak luput dari kesalahan. Nah, hal itulah yang akan dibahas diartikel kali ini. Bagaimana etika seorang pembeli online agar si penjual bisa tenang menghadapi pembeli yang beranekaragam sifatnya. 

Maka dari itu simak etika belanja online yang wajib kamu terapakan.

1. Jangan PHP

Foto Pribadi
Foto Pribadi

Jika kamu memang tidak ada niat untuk membeli barangan dagangannya, janganlah sekali-sekali kamu menghubungi penjual dan kemudian kamu menghilang begitu saja tanpa adanya kabar sama sekali. Hal ini yang paling sering dilakukan oleh pembeli labil. Atau jika kamu awalnya ingin membeli tiba-tiba batal karena ada hal lain, lebih baik kamu jujur karena akan lebih baik ketimbang kamu PHP-in si penjual.

2.SABAR!!!

Foto Pribadi
Foto Pribadi
Tidak cuma penjual yang harus sabar ketika membalas pesan pembeli satu per satu.  Agar bisa di layani dengan baik, haruslah kalian sabar ketika menunggu pesan balasan dari penjual. Apalagi kalian belanja di toko yang terkenal dengan kualitas mereka, maka akan lebih banyak pembeli lain yang memesan. Maka dari itu mengertilah bahwa penjual itu juga manusia, tidak perlu kirim chat hingga berulang-ulang, cukup tunggu dan duduk manis saja, pasti dibalas.

3. Jangan egois/cerewet

Foto Pribadi
Foto Pribadi

Tidak ada salahnya untuk menanyakan soal barang, tapi janganlah terlalu cerewet ke penjual  karena mereka hanyalah manusia biasa  yang memiliki 2 tangan yang di pergunakan untuk membalas pesan kalian satu per satu. Ingat yang beli bukan cuma kamu. Jika penjual pilihanmu memang terpercaya seharusnya tidak perlu cemas soal orderanmu, pasti sampai. Jadi santuy saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x