Mohon tunggu...
Indira TakiyaRahmayanti
Indira TakiyaRahmayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi saya membaca, saya suka membaca cerita yang bertemakan sekolah. Minat saya adalah saya suka mengabadikan momen dengan memotret gambar atau merekam video.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cara Mengatasi Peserta Didik yang Lambat dalam Memahami Materi Pelajaran

23 September 2022   16:55 Diperbarui: 23 September 2022   17:02 35 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Guru adalah salah satu fasilitator peserta didik, guru juga merupakan orang tua peserta didik di sekolah. Guru mengajar dan mendidik peserta didik. Namun, dalam aplikasinya terdapat kendala dan masalah yang ada, salah satunya adalah tema yang akan kita bahas pada artikel ini yaitu "Cara Mengatasi Peserta Didik yang Lambat dalam Memahami Materi Pelajaran".

Setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda, begitu juga dalam pembelajaran di sekolah. Setiap peserta didik pempunyai karakter yang berbeda, ada yang cepat paham dengan materi pelajaran yang disampaikan dan ada juga yang lambat paham dengan materi pelajaran yang disampaikan. Nah, kita sebagai pengajar harus bisa mengatasi masalah yang seperti ini nih, penasaran caranya? Simak artikelnya sampai habis ya!

Pertama, melakukan pendekatan kepada peserta didik. Pendekatan kepada peserta didik adalah salah satu strategi yang bisa dilakukan guru kepada peserta didik. Manfaat melakukan pendekatan kepada peserta didik agar peserta didik merasa ada yang peduli pada mereka dan mereka bisa membuka diri kepada guru tentang kedaan atau kondisi mereka yang mungkin merupakan penyebab peserta didik lambat dalam memahami materi pelajaran.

Kedua, penyampaikan materi secara berulang-ulang. Guru harus memastikan semua peserta didiknya memahami materi pelajaran yang disampaikan, maka dari itu jika ada peserta didik yang belum memahami materi pelajaran tersebut, guru harus sabar dan mencoba menjelaskan ulang materi yang disampaikan sehingga peserta didik dapat memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Ketiga, memberikan motivasi kepada peserta didik. Dengan memberikan motivasi kepada peserta didik diharapkan peserta didik dapat termotivasi dan dalam dirinya tumbuh rasa semangat belajar, sehingga dapat memberikan dampak positif pada psikologi peserta didik.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa guru perlu menyadari apakah ada atau tidak peserta didiknya yang memiliki karakter lambat dalam menerima materi pelajaran, agar guru bisa menerapkan strategi atau cara khusus untuk mengajarkan peserta didik tersebut. 

S. Kure dan J. Plueddemann mengatakan bahwa, "Seorang guru harus sungguh-sungguh mengenal setiap pribadi seorang murid". Maka dari itu, semangat untuk para pengajar! kenali karakter peserta didik anda ya, dan jangan lupa untuk selalu sabar dalam menjelaskan serta selalu positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan