Mohon tunggu...
Indira Abidin
Indira Abidin Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Muda

Mau Perusahaan Berkinerja Tinggi? Ini Caranya

31 Oktober 2017   10:15 Diperbarui: 31 Oktober 2017   11:06 1861 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semua perusahaan wajib -- wajib -- benar, wajib membangun tim berkinerja tinggi. Bukan hanya untuk kepentingan perusahaan, agar perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan dengan reputasi baik, tapi juga untuk seluruh anggota team yang menjadi tanggung jawab perusahaan. Karena begitu warga diterima bekerja dan mempunyai kewajiban untuk menjalankan tugasnya, perusahaan pun berkewajiban membangun warga yang bersangkutan untuk tumbuh sesuai dengan nilai-nilai dan visi missi perusahaan.

Seperti juga warga wajib bekerja sebaik mungkin, perusahaan pun wajib membangun warganya sebaik mungkin. Dan kalau dijalankan dengan baik, perusahaan akan tumbuh bersama tiap warganya, menikmati sustainable growth yang tak rentan hancur dengan disrupsi di era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity).

Nah bagaimana caranya?

Pengalaman-pengalaman best practice dunia menunjukkan hal-hal di bawah ini penting untuk mewujudkan hal tersebut:

1. Kepemimpinan

Setiap tim membutuhkan pemimpin yang bertanggung jawab atas seluruh pencapaian tim dan anggota tim, tanpa pernah menyalahkan anggota tim nya, dan mengerjakan pekerjaan anggota tim karena anggota tim dianggap "kurang mampu."

Pemimpin yang tidak mempercayai anggota tim, atau menyalahkan anggota timnya akan keletihan karena pekerjaan yang begitu banyak diambilnya di pundaknya dan perusahaan akan sangat sulit tumbuh, karena setiap pemimpin punya keterbatasan. Anggota tim pun tidak diberdayakan, tidak belajar dan tidak tumbuh bersama. Akhirnya mereka dikeluarkan tanpa perusahaan mampu meraup hasil dari pertumbuhan kreatifitas dan daya inovasi mereka. Rugi, bukan?

2. Fokus pada tujuan bersama

Tujuan bersama wajib dirumuskan bersama dan wajib menjadi darah daging di seluruh anggota tim.

Semua harus eksplisit, jelas dan ditulis dengan cara yang memungkinkan setiap orang mengetahui kapan kesuksesan dicapai, sebagai bukti nyata. Setiap anggota tim harus berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut dan beroperasi tanpa agenda tersembunyi atau prioritas yang saling bersaing.

3. Peran setiap divisi didefinisikan secara jelas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Muda Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan