Mohon tunggu...
Indina Ilma
Indina Ilma Mohon Tunggu... Administrasi Bisnis 2017 Universitas Diponegoro

KKN TIM II UNDIP 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips New Normal dikala Pandemi Covid-19 di Pasar

14 Agustus 2020   19:00 Diperbarui: 14 Agustus 2020   19:31 7 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips New Normal dikala Pandemi Covid-19 di Pasar
hari-ke-18-5f368366097f3664fa5cd762.jpeg

Jumat (14/08/2020) KKN Tim II Undip melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sendiri. Mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN pada kelurahan Pedurungan Lor yang terdapat Pasar Krempyeng yang beroperasi setiap hari pasar tersebut Pasar Arya Mukti. Pandemi Covid-19 ini memberi dampak kepada para pedagang pasar seperti menurunnya pendapatan para pedagang dan menghambat proses transaksi jual beli bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan. Bahan pokok seperti Sayuran, buah, ikan, ayam dan makanan yang sudah siap dijual menjadi tidak laku dikarenakan pandemi ini. Dikarenakan masa saat ini sudah memasuki new normal maka Pasar Arya Mukti tetap beroperasi dengan syarat memenuhi dan mematuhi aturan dan ketentuan WHO yaitu menggunakan Protokol Kesehatan. Protokol kesehatan ini langkah aman dan tepat dalam meminimalisir penyebaran virus Covid-19 sehingga para pedagang dapat berjualan dengan aman dan nyaman.

Mahasiswa mengajak warga dan pedagang untuk Sosialisasi “New Normal” dengan Protokol kesehatan ini sangat disarankan untuk menjaga kebersihan lingkungan maupun diri para pedagang dan meningkatkan budaya hidup bersih dan higenis para pedagang dan masyarakat sekitar untuk saling menjaga agar penyebaran virus tersebut dapat diminimalisir.

Mahasiswa melakukan pembagian leaflet mengenai Covid-19 yang berisikan ajakan untuk menerapkan Protokol Kesehatan saat di Pasar yang pertama Pastikan tubuh dalam keadaan sehat , kedua Menggunakan Masker saat beraktifitasl, ketiga menggunakan sarung tangan, keempat menggunakan Hand sanitizer atau cuci tangan, kelima jaga jarak antara penjual dan pembeli dan keenam menggunakan kemasan yang bersih dan ramah lingkungan. Anjuran dan ketentuan tersebut sangat penting dan bermanfaat bagi para pedagang maupun pembeli agar terhindar dari penularan virus.

 #PasarAmanPembeliNyaman

#p2kknundip

#lppmundip

VIDEO PILIHAN