Indira maharani
Indira maharani Culture & Engagement Coach

HR Consultant, Learning Facilitator & Coach. Menulis Untuk membebaskan Hati dan fikiran, menjadi sebuah karya yg semoga bisa bermanfaat. #1 Author of Culture Energy https://www.instagram.com/maharanie_indira/ www.rachpro.com

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tips Memilih Bos

2 Februari 2019   17:37 Diperbarui: 2 Februari 2019   18:01 56 1 1
Tips Memilih Bos
(dok. pribadi)

Dari hasil survey Gallup selama dua puluh lima tahun yang dilakukan kepada beberapa perusahaan di seluruh dunia untuk mengetahui apakah yang dapat mempengaruhi karyawan untuk dapat terikat (engage) dengan perusahaaanya secara positif. salah satu faktor pentingnya adalah seorang manager.

Manager atau atasan adalah Backbone dari sebuah hubungan antara keterikatan karyawan dengan tempat kerjanya yang mampu menghubungkan seseorang dengan apa yang disebut dengan Basic needs seorang manusia dalam diagram mashlow. manager juga yang mampu menemukan sebuah potensi baik itu yang tertidur ataupun yang tampak yang mampu diexplore oleh seorang karyawan. Nah, Bagaimana tips memilih Bos? Iya Boss...

1. Gunakan moment rekruitment agar mengenal Bos Anda dengan baik ;  Anda dapat menanyakan hal yang sangat ingin anda ketahui tentang bagaimana perannya di dalam team. tanyakan apa hal yang menjadi inspirasinya selama ia bekerja dan selama karirnya. apa yang membuat ia berada di posisi tersebut, mengenal sosok manager anda dalam perspektif no judgment tentu saja jika anda memiliki waktu yang cukup untuk hal ini penting mendapatkan chemistry atau Gut Feeling apakah beliau adalah orang yang tepat untuk menemani anda melakukan perjalanan karir yang menyenangkan.

2. Check SocMed Miliknya; Semua orang saat ini sangat memahami personal branding dirinya, apa yang ada di dalam socmed miliknya mungkin berarti sesuatu yang mewakili Values yang ada dalam dirinya. Melihat linimasanya adalah salah satu cara untuk melihat background seperti apa secara professional dan sosial. Jika ada hal yang ada dalam linimasanya adalah hal yang menarik dan sesuai dengan values inspirasi yang anda ingin dapatkan maka bisa jadi hal itu akan menjadi kesesuaian values anda dengan calon bos anda. lihatlah juga apa yang ia tulis, apakah hal itu menginsipirasikan sesuatu yang anda ingin lihat selama bersama dengan calon bos anda atau tidak.  

3. Mencari Fakta lewat Anak Buah dan Rekan Kerja; mencari fakta melalui anak buah, mantan anak buah atau mantan rekan kerja juga bisa dilakukan karena pada dasarnya jika anda punya industry bisnis yang sama anda akan mudah menemui kenalan mereka anda bisa tanyakan hal-hal yang terkait dengan bagaimana kekuatannya dalam team dan organisasi. bagaimana ia memimpin apa yang berkesan selama bekerja bersama dengan beliau apakah ia seorang yang mampu mengembangkan seseorang menjadi orang yang lebih baik. atau hal lain yg sangat anda butuhkan untuk memastikan bahwa anda memilih mentor karir yang tepat.

Manager adalah kunci bagi anda seorang karyawan yang menginginkan pertumbuhan karir, belajar dengan mentor yang tepat yang dapat mengakselersi kemampuan anda jauh lebih membuat anda tertarik untuk tidak meninggalkan tempat kerja dibanding dengan gaji dan tunjangan lain yang lebih besar dari itu. seseorang yang berarti super disipline dan tough bukan hal yang buruk demikian juga dengan easy going people, tapi memastikan bahwa semua jalur pertumbuhan anda on track dengan kekuatan dan kapasitas yang dimiliki oleh manajer adalah hal yang tidak bisa tidak untuk anda layak dapatkan.

Bagi Anda seorang Manager, asah terus diri anda kemampuan anda untuk berproses bersama menghargai bahwa disetiap tangan anda ada takdir milik orang lain yang anda perlu bantu. Dimana takdir milik bawahan anda dan keluarganya mungkin ada ditangan anda...