Mohon tunggu...
indidwiaa
indidwiaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar

menggambar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Apa Itu Rempah?

1 Desember 2022   10:55 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:56 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

TENTANG JALUR REMPAH

Nenek Moyang Bangsa Indonesia sejak 4.500 tahun lalu meninggalkan nilai tak ternilai, yaitu jalur rempah.Nusantara menjadi tata niaga rempah dunia, mulai dari pala, cengkih, dan cendana dibagian timur nusantara.lada, merica, kemenyan, dan kapur barus dibelahan barat nusantara.rempah-rempah nusantara jyga mengalami kemajuan pelayaran dan maritim dunia.warisan rempah-rempah ini terancam hilang dari memori bangsa.jalur rempah adalah jaringan niaga rempah-rempah yang menghubungkan anatara belahan barat dan belahan timur dunia.rempah yang diperdagangkan yaitu lada, merica kayu manis, pala, dan cengkih.

PERSEBARAN JALUR REMPAH

Persebaran jalur rempah dimulai dari wilayah timur nusantara, meliputi ujung barat sumatra, india, sri lanka, mesir, afrika timur, afrika selatan, madagaskar.daratan timur tengah, mediterania, hingga Eropa. 

HASIL KEBUDAYAANNYA PADA MASA PRA-AKSARA

Ratu Hatshepsut (berkuasa 1503-1482 SM). Di bawah lukisannya, tertera huruf Hieroglif yang menjelaskan kapal itu membawa pulang berbagai jenis tanaman yang wewangiannya dimanfaatkan untuk bahan pemujaan.Di Terga, sebuah situs kuno di Mesopotamia di temukan jambangan berisi cengkih yang berada di gudang.manik-manik kaca, karnelia, dan geraba dari arikamedu banyak ditemukan di karangagung.Sejak abad-abad pertama masehi, kontak dagang nusantara dengan india berkembang.rempah-rempah nusantara membanjiri nusantara pasar romawi.

IDENTITAS MANUSIA INDONESIA (ASAL-USULNYA)

menurut teori nusantara, asal usul bangsa indonesia adalah dari indonesia itu sendiri.pendukung teori ini mengajukan dua alasan yaitu pertama bangsa melayu memiliki peradapan tinggi sehingga tidak memerlukan migrasi atau kedatangan bangsa asing ke wilayah nusantara.kedua banyak fosil manusia purba ditemukan di indonesia. manusia purba yang ditemukan di indonesia adalah Meganthropus paleojavanicus, Pithecanthropus erectus, dan jenis homo (homo wajakensis, homo soloensis, dan homofloresiensis).Menurutteori nusantara, orang indonesiamerupakan keturunan homo.menurut teori nusantara, ketika dimasuki oleh ras-ras pendatang baru dari luar nusantara ,homo wajakensis dan homo soloensis tidak punah.

INTERAKSI SOSIAL PADA MASA PRA AKSARA

 Interaksi sosial pra-aksara merupakan salah satu kajian penting dalam sosiologi.beberapa sosiologi mengkhususkan dalam studi terhadap interaksi osisal

contoh : Bagaimana cara manusia purba saling berkomunikasi satu sam lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun