Mohon tunggu...
Indi Diana Fakhriya
Indi Diana Fakhriya Mohon Tunggu... Halo, saya mahasiswa!

Bismillah mungkin dengan menulis, saya sedikit merasa bermanfaat.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Perkembangan Kognitif Kata Piaget

28 Oktober 2020   21:42 Diperbarui: 28 Oktober 2020   21:51 35 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Perkembangan Kognitif Kata Piaget
ccsparis.com

Sebelumnya, saya pernah membahas apa itu perkembangan kognitif dalam artikel yang berjudul "Oh! Begini Tahapan Perkembangan Anak". Tetapi kali ini saya akan membahas perkembangan kognitif beserta tahapan perkembangannya menurut pandangan seorang pakar perkembangan kognitif yaitu Jean Piaget. Berikut pandangan Piaget tentang tahap perkembangan kognitif. 

Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget

Jean Piaget adalah seorang psikologi kognitif yang memiliki pengaruh terbesar terhadap pemikiran pakar pakar kognitif lainnya. Piaget berpendapat bahwa kemampuan kognitif adalah sebuah genetik yang didasarkan pada perkembangan biologis sistem saraf. 

Ketika usia bertambah, maka susunan sel semakin kompleks sehingga kemampuannya pun turut meningkat. Saat seseorang tumbuh, ia akan beradaptasi dengan biologis terhadap lingkungannya. Hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan kognitifnya. Piaget menyimpulkan bahwa setiap perbedaan usia maka berbeda bula kemampuan berpikir dan mental seseorang. 

Menurut Piaget, proses belajar seseorang mengikuti pola juga tahap tahap perkembangannya sesuai dengan usia nya. Pola dan tahapan tahapan ini harus dilalui berdasarkan urutannya dan seseorang tidak bisa belajar diluar kemampuan kognitif pada usianya. Nah, Piaget membagi tahapan tahapan tersebut menjadi empat bagian. Apa saja kah itu?

Tahap Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget

Jean Piaget membagi tahapan perkembangan menjadi empat bagian, yaitu tahap sensorimotor, tahap pra operasional, tahap operasional konkret, dan tahap operasianal formal. Apa maksudnya? Simak penjelasan berikut!

1. Tahap Sensorimotor (usia 0-2 tahun)

Pertama adalah tahap sensorimotor yang dimulai dari usia 0-2 tahun. Setiap anak yang terlahir memiliki bawaan berupa refleks dan rangsangan untuk mencari tahu tentang dunia nya. 

Perkembangannya berdasarkan tindakan yang dilakukan secara bertahap. Di tahap awal ini, seorang anak masih sangat terbatas dari segi kemampuan. Ia belum mampu memikirkan juga mempertimbangkan apa itu sebuah keinginan, kebutuhan, dan kepentingan. Sehingga terkadang mereka berpikir bahwa orang lain bersikap egois terhadap mereka. Beberapa kemampuan yang dimiliki anak pada usia ini adalah:

  • Mereka memperhatikan sesuatu dengan waktu yang cukup lama
  • Mencari dan menemukan rangsangan melalui cahaya lampu dan suara
  • Berasumsi bahwa dirinya sebagai makhluk ang berbeda dengan objek di sekelilingnya
  • Memperhatikan objek dan ingin mengubah tata letaknya

2. Tahap Pra-operasional (usia 2-7 tahun)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN