Mohon tunggu...
Indah Widya Hanzani
Indah Widya Hanzani Mohon Tunggu... Mahasiswa Matematika UINSU

Mahkluk Tuhan Maha Kaya yg ingin kaya raya :v

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Siapa Bilang Matematika Itu Sulit?

14 Agustus 2020   16:49 Diperbarui: 14 Agustus 2020   17:04 110 5 0 Mohon Tunggu...

Apa yang terlintas di benak kita ketika kita mendengar kata MATEMATIKA? "wah sulit", mungkin itu adalah jawaban yg keluar dari beberapa orang kebanyakan. Atau barangkali ada yang menjawab "wah hebat ya" ketika ada beberapa orang yang mengatakan mereka mengambil studi jurusan matematika.

Matematika memang seringkali menjadi momok bagi beberapa masyarakat dikalangan kita. Oleh karena itu kebanyakan orang tua jaman sekarang memilih untuk memasukkan anak-anak mereka ke sebuah tempat les privat setelah pelajaran sekolah selesai. Mereka mungkin menganggap apa yang diberikan di sekolah masih belum cukup sebab terbaginya waktu belajar disekolah.

"Berarti jelas dong kalo matematika itu sulit?", "wah siapa bilang?", hehe

Sebenarnya matematika itu mudah lho. Seperti kebanyakan mata pelajaran lainnya matematika adalah pelajaran yang sangat mudah dipahami jika kita paham dengan konsep pengerjaannya. Tingkat kesulitan dalam matematika itu sendiri juga sebenernya berproses. Maksudnya, semua dimulai dari dasar lalu menengah lalu menuju sulit. Kata "sulit" disini juga dimaksudkan bagi mereka yang tidak memahami apa yg dipelajari dari awal lalu menuju ke tingkat atas.

Bukankah sewaktu duduk di tingkat Sekolah Dasar (SD) kita sudah di ajarkan bahwa 1 dikali 1 hasilnya sama dengan 1? Lalu mungkin ketika duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) hasil 1 itu juga didapat dari 1 pangkat n sama dengan 1? Dan yang dimaksud dengan n itu sendiri adalah bilangan berapa pun yang dikali dengan 1 hasilnya tetap satu. Nah, mudah bukan?

Konsep-konsep seperti itulah yang merupakan dasar dari mengapa beberapa orang lainnya mengatakan bahwa matematika itu mudah, karena mungkin mereka memahami dasar-dasar yang mereka pelajari di awal.

Lalu, apa saja sih tips-tips agar matematika itu menjadi mudah?

1. Sering-seringlah berlatih
Nah untuk poin yang pertama ini sangat penting. Perlu diketahui, matematika bukanlah pelajaran yang mudah dipahami hanya dengan membaca dan mendengarkan saja. Kerjakan tugas-tugas lainnya yang ada di buku tersebut agar kita terbiasa dengan soal-soal yang diberikan.

2. Menghafal bukanlah metode terbaik dalam mengingat rumus matematika
"loh kalo tidak dihafal lalu gimana dong? sedangkan matematika itu isinya rumus semua", yapp betul sekali. Dikarenakan rumus matematika yang begitu banyak, mungkin ingatan kita tidak akan mudah mengingat semuanya dan membuat kita merasa bosan dan jenuh. Mulailah dengan mencoba memahami konsep-konsep kunci matematika. Atau jika ternyata kita bisa membuat beberapa rumus menjadi lebih mudah, kenapa enggak?

3. Rajin mengulang
Mengulang pelajaran sendiri merupakan hal yang membosankan bukan? Yapp betul. Namun, jika kita ingin mudah mempelajari matematika itu sendiri kita harus rajin mengulang pelajaran. Sebab pelajaran yang kita temui hari ini, akan kita temui lagi pada tingkat selanjutnya, dan bahkan akan lebih bertambah kesulitannya satu tingkat lagi. Oleh karena itu, kita harus rajin mengulangi pelajaran yang telah kita pahami pada tingkat sekarang.

4. Belajar dengan menggunakan permainan
Tau gak sih? Matematika itu bisa menciptakan permainan-permainan yang asik loh. Setidaknya ada dua jenis permainan yang dapat dilakukan untuk membuat belajar matematika lebih mudah dan menyenangkan. Yang pertama yaitu permainan yang dilakukan secara langsung misalnya berhitung dengan jari. Sementara permainan kedua dapat dilakukan dengan alat peraga dan beberapa aplikasi yang ada dikomputer atau ponsel pintar.
Di era millenial ini, aplikasi belajar matematika pada ponsel sudah banyak sekali jenisnya. Kita bisa diajak bermain sesuai dengan tingkatan kemampuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x