Mohon tunggu...
Endah NovitaSari
Endah NovitaSari Mohon Tunggu...

Nama saya Endah novita sari, saya lahir di Nganjuk, tahun 1988. Saya ingin menjadi penulis novel dan cerpen

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Tutorial Melukis dengan Cat Air

29 Maret 2018   09:20 Diperbarui: 31 Maret 2018   09:54 1350 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tutorial Melukis dengan Cat Air
Dok.pribadi

Hari ini saya akan mengulas tutorial melukis bunga dengan cat air. Lukisan di atas adalah hasil karya saya semalam, langkah awal yang perlu disiapkan sebelum melukis yaitu sbb:

- Kuas untuk melukis ukuran kecil, sedang, dan besar. Saya menggunakan kuas kanvas, ukuran 3, 5, 7.

- Cat air merk apa saja. Saya menggunakan cat air merk candy. Lebih bagus lagi jika menggunakan cat minyak karena halus dan warnanya lebih mudah menutupi satu sama lain.

- Kanvas untuk melukis, jika ada. Karena saya tidak punya kanvas saya hanya memakai kertas gambar ukuran 4A merk sinar dunia. Saya memilih merk sinar dunia karena kertasnya agak tebal dan tidak mudah sobek ketika terkena cat air. Jangan menggunakan kertas yang rapuh dan tipis, akan lebih sulit karena akan sobek ketika kita mewarnainya.

- Siapkan wadah tempat air untuk mengencerkan cat air dan untuk mencuci kuas. Namun jika menggunakan cat minyak, campuran catnya juga harus dengan minyak. Dan untuk membersihkan kuas gunakan tiner.


- Siapkan lap, untuk membersihkan kuas ketika berganti warna lain kuas harus dicuci dan dilap supaya agak kering, agar air tidak menetes mengotori kertas.

- Buatlah gambar sketsa yang kamu inginkan, setelah sketsa selesai mulailah mewarnai dengan cat yang dicampur dengan beberapa tetes air. Aplikasikan warna menurut insting, seprti arah cahaya, mana yang nampak gelap dan terang.


- Buatlah lukisan itu seperti suatu yang terpisah dari sisi lainnya. Misalkan melukis bunga namun bunga itu bergerumbul, jadi bagaimana cara membuat bunga itu nampak seperti itu, yaitu dengan pengaturan warna dari sisi gelap ke agak cerah dan lebih cerah sesuai warna bunga tersebut.

Jangat takut apapun ketika melukis, teruslah belajar dan mencoba. Dan tetap semangat!!! Untuk lebih memperjelas tutorialnya saya siapkan video di bawah ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x