Mohon tunggu...
Indah FebriantiSundawa
Indah FebriantiSundawa Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa UMM dan Perangkat Desa Mengadakan Pasar Sayur Gratis dan Sosialisasikan New Normal di Desa Bening, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto

1 Juli 2020   12:45 Diperbarui: 10 Juli 2020   13:08 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa UMM dan Perangkat Desa Mengadakan Pasar Sayur Gratis dan Sosialisasikan New Normal di Desa Bening, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto
Dok pribadi

Mahasiswa “Bhaktimu Negeri” Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mengadakan sebuah kegiatan berupa pasar sayur gratis untuk warga sekitar sebagai salah satu strategi untuk meringankan kebutuhan sehari-hari masyarakat yang berekonomi rendah di masa Pandemi
COVID-19 ini serta melakukan sosialisasi new normal dengan menempelkan poster dan sticker di beberapa tempat umum di desa. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Boyo, Desa Bening, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto dimana kegiatan ini dibimbing langsung oleh bapak Drs. Moh. Jufri, ST., MT, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari mahasiswa PMM.

Salah satu peserta program PMM Kabupaten Mojokerto selaku koordinator desa yaitu Aditya Herawan menyampaikan di tengah kondisi pandemi COVID-19 saat ini, kebutuhan masyarakat sekitar tidak bejalan dengan lancar seperti dulu. Selain itu masyarakat perlu mengetahui apa itu New Normal terutama di tempat umum untuk meminimalisisr penyebaran virus COVID-19 itu sendiri.

“Di tengah pandemi COVID-19 ini, masyarakat sekitar terutama yang berekonomi rendah sangat membutuhkan kebutuhan sehari-hari dasar seperti sayur ini, untuk itu perlu sebuah kegiatan yang paling tidak bisa membantu warga sekitar. Selain itu juga warga perlu mengetahui apa itu new normal saat ini, terutama aturan-aturan  new normal di beberapa titik seperti musholla desa, masjid desa, warung-warung, dan toko klontong sekitar.” Kata Aditya Herawan.

Kegiatan ini dilakukan di Balai Dusun Boyo, dimana sejumlah warga dapat mengambil sayur dengan menyerahkan kupon yang telah dibagikan oleh Bapak Dusun, dan Bapak RT setempat. Kegiatan ini juga tetap menyungsung kebijakan protocol kesehatan COVID-19 daerah Mojokerto. Masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga jarak, memakai handsanitizer dan menggunakan masker ketika mengambil sayur. Mahasiswa UMM melaksanakan kegiatan tersebut dengan memberikan masing-masing warga sepaket sayuran yang berisikan sayur mayur segar dan mie instan.

Dok pribadi
Dok pribadi

Program kerja pasar sayur gratis dan sosialisasi new normal inipun mendapatkan antusias dari warga sekitar, perangkat desa dan juga kepala desa setempat. Bapak Sutaji selaku kepala desa dari Desa Bening sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa PMM UMM ini, dimana sebelumnya belum ada kegiatan KKN yang memperhatikan warga seperti ini serta sampai ikut serta mensosialisasikan New Normal secara detail. Bapak Kepala Desa Bening dan juga Bapak Kepala Dusun Boyo mengucapkan terimakasih atas kedatangan mahasiswa yang telah membuat program kerja yang sangat bagus serta membawa ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat Dusun Boyo di semua proker yang telah telaksana.

Secara terpisah Moh. Jufri Selaku Dosen Pembimbing Lapangan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa PMM  Baktimu Negeri karena kegiatan ini tetap menunjukkan rasa kepedulian  dan empati pada  saudara-saudara kita yang lain pada saat pandemi COVID-19 ini.  Lebih lanjut Jufri menjelaskan bahwa menghadapi pandemik global Covid-19, kita seharusnya menumbuhkan sikap empati dan terus meningkatkan kepedulian satu sama lain serta saling bantu dalam mempertahankan hidup. Sebagai orang timur khususnya Indonesia yang dikenal salah satu karakternya adalah peduli sesama. Sikap membangun kepedulian sosial harusnya dapat kita aplikasikan dalam kondisi seperti ini.

#pmmumm #desabening #kabupatenmojokerto #kelompok11

VIDEO PILIHAN