Dalam menjalankan tugas profesinya, tentu seorang guru memiliki pengalaman atau cerita baik untuk dibagikan. Menceritakan pengalamannya dalam merancang perangkat pembelajaran hingga pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan untuk mengatasi permasalahn peserta didik dengan metode yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pengalaman atau cerita baik inilah yang di kenal dengan istilah best practices.
Best practice yang akan penulis bagikan adalah pertama, pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan metode problem best learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan layanan ini, diharapkan peserta didik dapat menentukan cara untuk meningkatkan motivasi belajarnya dan mampu bertindak sesuai ciri-ciri peserta didik yang memiliki motivasi belajar.Â
Kedua, pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behaviour teknik  self management untuk mengatasi prokrastinasi akademik sehingga peserta didik dapat mengelola waktu belajarnya dan mampu memodifikasi perilaku prokrastinasi menjadi perilaku disiplin dan belajar.
Lingkup Pendidikan: Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai:
1. Â Layanan bimbingan klasikal
- Topik : Motivasi Belajar
- Sasaran : kelas XI TKJ 3
- Profil pelajar pancasila : Bernalar Kritis
- Aspek perkembangan : Kematangan Intelektual
- Tujuan layanan
- Tujuan Umum : Peserta didik mampu menentukan cara meningkatkan motivasi belajar
- Tujuan Khusus :
a. Peserta didik mampu menelaah pengertian motivasi belajar dan macam-macam motivasi belajar (C4).
b. Peserta didik mampu menganalisa faktor yang mempengaruhi motivasi belajar (C4).
c. Peserta didik dapat bertindak sesuai ciri-ciri siswa yang memiliki motivasi belajar (A5).
d. Peserta didik dapat menentukan cara untuk meningkatkan motivasi belajar (P5).
- Metode : Problem  Based Learning
- Alat : LCD, Speaker bluetooth, Clip on mic wireless, Laptop.
- Media : PPT motivasi belajar dan video motivasi belajar.
2. Â Layanan konseling kelompok
- Rumusan Masalah : Anggota kelompok mengalami prokrastinasi akademik.
- Sasaran : Kelas XI
- Profil pelajar pancasila : Bernalar Kritis
- Aspek perkembangan : Kematangan intelektual
- Tujuan layanan
- Tujuan Umum : Anggota kelompok dapat mengembangkan kemampuan dalam mengelola waktu belajarÂ
- Tujuan Khusus :
a. Anggota kelompok mampu menelaah perilaku prokrastinasi akademik (C4).
b. Anggota kelompok mampu menata waktunya dalam belajar (A4).
c. Anggota kelompok mampu memodifikasi perilaku prokrastinasi menjadi perilaku disiplin dalam belajar (P3)
- Pendekatan Konseling : Pendekatan Behavior
- Metode : Teknik self management
- Media : Kertas HVS, Bolpoint
Penulis: Indah Nurul Safitri, S. Pd
Tanggal pelaksanaan:
Aksi PPL Siklus Ke-2 dilaksanakan pada:
- Konseling Kelompok dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 29 Oktober 2022.
- Bimbingan klasikal dilaksanakan pada hari senin tanggal 31 Oktober 2022