Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pemimpin Ideal Menurut Saya

28 November 2022   21:16 Diperbarui: 28 November 2022   21:22 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemimpin ideal menurut saya (ig @actorleeminho)

Dalam perjalanan hidup saya sebagai perempuan pekerja, yang sudah lama nyaris setengah dari usia saya, telah mengalami beberapa kali pergantian pimpinan.

Setiap pemimpin tentunya sama halnya dengan manusia pada umumnya, ada kelebihan dan ada kekurangannya.

Satu hal yang saya catat, ada pemimpin yang demikian disukai, sehingga saat kepindahannya ditangisi. Atau orang sangat ingin dia tetap memimpin di kantor hingga bertahun-tahun, kalau bisa selamanya gak diganti-ganti.

Tapi kan ini mustahil karena sistem kepemimpinan di kementerian kita memang adalah sistem rolling.

Ada pula pemimpin yang diam-diam didoakan untuk segera pindah, oleh anak buahnya karena bukannya memotivasi, namun kebijakannya malah mendukung anak buahnya untuk demotivasi.

Bagi saya, seorang pemimpin yang baik itu harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada pegawainya, dan di sisi lain juga tegas.

Seperti sudah saya singgung di atas bahwa pemimpin seperti halnya orang biasa yang punya kelebihan dan kekurangan. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan para bos yang pernah memimpin kantor saya, saya ingin merinci sifat-sifat pemimpin ideal yang dicintai anak buahnya. Versi saya, tentunya.

Pemimpin ideal adalah:


1. Ramah dan tidak marah alias berkharisma
Murah senyum dan tidak segan menyapa anak buahnya terlebih dahulu. Tidak perlu marah-marah tapi mampu membuat anak buah autosegan.


2. Adil dan tidak pilih kasih
Memberikan kesempatan yang sama pada anak buahnya dan tidak berat sebelah. Ia pun tidak pelit pujian jika memang pegawainya berprestasi, di sisi lain memberikan sanksi jika anak buahnya ada yang melalaikan tugas.


3. Suka memotivasi
Pemimpin yang sekaligus motivator akan membuat anak buahnya selalu semangat. Pemimpin jeli melihat potensi dalam diri pegawainya dan mendorong pegawai untuk mengembangkan potensi tersebut guna mendukung kemajuan kantor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun