Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Trip Artikel Utama

Apparalang nan Cantik, Salah Satu Kekayaan Keindahan Bahari Bulukumba

25 November 2022   15:29 Diperbarui: 10 Desember 2022   19:07 755
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tebing Indah Apparalang (Dokumentasi pribadi)

Kabupaten Bulukumba terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik. Salah satu pantai yang dikunjungi banyak wisatawan adalah Pantai Apparalang. Pantai ini unik karena bukan pantai yang berupa hamparan pasir, namun berupa tebing-tebing dengan nuansa biru kehijauan warna air laut yang indah.

Perjalanan kegiatan kantor yang pernah saya ceritakan sebelumnya, sampai di Desa Ara, di lokasi yang sangat dekat dengan Apparalang. 

Narasumber yaitu ketua kelompok tani hutan yang kami wawancara mengatakan bahwa ia adalah salah satu pengelola Apparalang dan menyilakan kami berkunjung. Sayang sudah jauh-jauh sampai ke Desa Ara, kalau tidak singgah ke Apparalang.

Baiklah, akhirnya saya memutuskan untuk singgah menjejakkan kaki di Apparalang. 

Dari lokasi persemaian yang kami datangi, kami menggunakan kendaraan ke Apparalang tak sampai 5 (lima) menit. Lokasi tepatnya Apparalang adalah di Desa Wisata Ara, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba. 

Jika menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, dapat ditempuh selama 20 menit dari arah Pantai Tanjung Bira atau 60 menit dari pusat kota Bulukumba.

Turun dari kendaraan kami melewati jalan masuk yang di kanan kirinya banyak pepohonan dan juga deretan warung makanan. Saya sempat memotret papan peringatan di depan pintu masuk area wisata.

Jalan masuk ke Apparalang (Dokumentasi pribadi)
Jalan masuk ke Apparalang (Dokumentasi pribadi)

Papan peringatan di pintu masuk Apparalang (Dokumentasi pribadi)
Papan peringatan di pintu masuk Apparalang (Dokumentasi pribadi)

Pada papan peringatan tertera bahwa pengunjung dilarang membawa minuman keras, senjata tajam, narkoba dalam bentuk apapun; pengunjung dilarang berenang di laut apabila cuaca buruk dan badai; anak-anak perlu pengawasan dari orang tua; arahan untuk mengutamakan keselamatan diri dan keluarga; serta pernyataan bahwa pihak pengelola tidak bertanggungjawab, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun