Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Yuk, Makan Semangka! Bermanfaat untuk Kesehatan dan Bisa Awet Muda

9 September 2022   21:35 Diperbarui: 14 September 2022   11:53 169 14 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Yuk, Makan Semangka! (Sumber: Pexels/Elle Hughes)

Jika harus menyebutkan buah apa yang paling saya sukai, saya akan berpikir lama, sebelum menjawab bahwa saya suka semua buah-buahan. Buah adalah sesuatu yang tidak bisa kita tolak, karena buah tidak bikin gemuk dan malah bikin pencernaan lancar karena mengandung serat tinggi. Mungkin tidak semua buah seperti itu, tapi secara umum demikianlah adanya buah.

Saya kali ini hendak mengupas tentang buah semangka. Waktu saya kecil dulu, semangka adalah salah satu buah favorit saya. Saya baru sadar bahwa saat kita masih kecil kita cenderung suka pada buah tertentu -- karena pengetahuan kita tentang buah-buahan hanya terbatas pada apa yang disediakan ibu kita di rumah. Dari yang terbatas itu, ada satu-dua jenis yang paling kita sukai. 

Semakin bertambah usia, kita akan lebih banyak tahu jenis buah, karena kita akan kepo sendiri mencari buah-buahan aneh yang baru kita temui saat kita dewasa.

Seperti saya mencoba membeli beberapa buah plum di supermarket di awal-awal saya menikah. Contoh lain, saya baru tahu buah matoa ketika usia saya sudah menginjak kepala empat. Baru-baru ini saya melihat buah cempedak dengan dua mata saya sendiri ketika seorang teman membawanya ke kantor.

Kembali kepada semangka, buah ini merupakan buah yang paling sering tersedia di rumah saya. Dulu si bungsu sangat suka semangka sehingga saya menjulukinya Ratu Semangka. Namun suatu kali seusai makan semangka, ia berak-berak berulangkali. Sejak saat itu ia ogah makan semangka.

Beda dengan kakaknya, anakku lelaki, susah sekali makan buah. Namun ketika kami beli semangka tanpa biji yang sudah dikemas plastik di toko, ia mau memakannya lumayan banyak. Syukurlah. 

Biasanya suami saya membeli dua kemasan semangka, yang satu ia habiskan dan yang satunya akan saya makan berdua anak lelaki saya. Kadang juga hanya saya dan suami yang menghabiskan. Karena sungguh walaupun si anak lelaki sudah mulai suka semangka, tapi mengajari anak-anak untuk cinta mati pada buah itu tidak mudah. Saat dia tidak mood, dia akan menolak walau kita paksa.

Sebenarnya apa saja kandungan yang terdapat pada buah semangka? Sedemikian bermanfaatkah sehingga sangat baik jika kita sering-sering menghadirkannya di rumah?

1. Air

Semangka adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air sangat tinggi yaitu mencapai 92%. Karena kandungan airnya yang berlimpah, maka semangka baik untuk pencernaan. Makan semangka akan memudahkan kelancaran buang air besar. Kandungan air ini juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan