Mohon tunggu...
Indah Novita Dewi
Indah Novita Dewi Mohon Tunggu... Penulis - Hobi menulis dan membaca.

PNS dan Penulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Mendulang Cuan dari Ngeblog, Semua Orang Bisa!

6 Juli 2022   19:46 Diperbarui: 6 Juli 2022   20:06 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Mendulang Cuan Dari Ngeblog (Sumber: Pexels/Picography)

Saya lupa kapan tepatnya saya mulai ngeblog. Yang jelas saya punya dua blog wordpress yang sudah mati akibat lupa password. Satu blogspot yang mati karena lupa email. Juga satu akun Kompasiana lawas saya yang sudah lama mati, lalu saya ganti dengan akun yang ini.

Saat ini saya menulis di dua akun blogspot, dan satu akun Kompasiana. 

Mood saya menulis di blog alias ngeblog, sungguh turun naik tak terkira. Blog saya kadang terkatung-katung dan berselimut debu karena lama tidak saya tengok. Pas lagi semangat, blog itu terisi lagi. 

Kenapa saya jarang menulis di blog, karena basic saya memang awalnya adalah menulis di media. Saya dulu pernah ikut kelas menulis dan kelas itu menghasilkan banyak tulisan di media. Saya nulis cerpen anak, artikel humor, opini koran, cerpen remaja, cerpen wanita dewasa, macam-macam pokoknya. Dan tentu saja ada cuannya. Saya melebar ke nulis buku fiksi dan juga mendapatkan honor dari sana.

Dua tahun belakangan saya merasa tidak punya waktu menulis buat media ataupun penerbit. Saya lalu mulai nengok blog lagi. Apalagi kemudian saya baru nyadar bahwa di Kompasiana ada K-reward. Sejak dapat K-reward tahun lalu, saya jadi semangat walau tahun ini belum pernah dapat lagi (gimana mau dapat, nulis saja jarang, hahaha).

Nulis blog kalau hanya untuk suka-suka, tidak terlalu banyak tuntutan. Nulis ngalor-ngidul tentang keseharian saja bisa jadi konten. Ada kategori 'diary' di Kompasiana, dan ada teman-teman setia yang pasti senang ikut membaca celotehan kita, celotehan retjeh sekalipun.

Saya dulu ngeblog awalnya tergiur hadiah-hadiah lomba blog yang masyaAllah menggiurkan. Tapi memang lomba-lomba blog yang diadakan oleh berbagai brand itu benar-benar sangat kompetitif, ya. Baca blog pemenang rasanya jadi insecure sendiri. 

Effort yang dikeluarkan untuk jadi pemenang itu memang layak sekali. Tulisan biasanya ngalir, runut, informatif, dan dilengkapi gambar-gambar yang mendukung. Plus disertai teknik-teknik seo yang membuat artikel bisa nampang di halaman pertama mesin pencari.

Beberapa kali ikut lomba blog, saya harus mengakui bahwa saya masih jauh dari level menang lomba. Ngeblognya masih sederhana, nulisnya belum runut, belum informatif. Apalagi kalau ditanya teknik seo, saya mumet duluan, ah! Jadinya naskah-naskah lomba blog cukup jadi pengisi blog, biar nggak kosong-kosong amat.

Tapi apakah dengan nggak pernah menang lomba, nggak pernah dapat K-reward, nggak ada blog yang dipasangin adsense alias iklan, lalu peluang kita untuk mendulang cuan dari ngeblog jadi sama dengan NOL?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun