Mohon tunggu...
Indah Novita
Indah Novita Mohon Tunggu... Hobi menulis dan membaca.

Perempuan Jawa yang tinggal di Makassar, mencintai dunia tulis-menulis, PNS, ibu empat anak, bersuamikan lelaki Bugis. Hidup adalah tak lelah belajar sesuatu yang baru, dan belajar tak harus di bangku sekolah. Karena pelajaran termahal adalah belajar di ruang kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Suka Suka Ikutan Samber THR Kompasiana 2021

8 Mei 2021   14:15 Diperbarui: 8 Mei 2021   14:14 507 21 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Suka Suka Ikutan Samber THR Kompasiana 2021
Posisi wenak saya kalau lagi nulis samber kayak si mbak dalam gambar (Sumber: Vlada Karpovich/pexels)

Taraaaam...

Akhirnya saya meluangkan waktu untuk menulis topik Samber 8 Mei 2021. Topiknya "Suka Suka Nulis Samber", kan? Iya, aslinya sih Suka Duka, tapi karena saya merasa nulis Samber tu nggak ada dukanya, jadi menurut saya suka-suka saja jadinya. Suka suka aku dong, ah.

Jadi, menurut penerawangan dan pengalaman saya berkecimpung di dunia literasi terutama dalam dunia perBLOGan, sudah bisa diprediksi bahwa saya tu kemungkinan besar tidak bisa secara istiqomah menulis tiap hari (karena berbagai kesibukan), sampai ngumpulin 30 tulisan di akhir event. Soalnya dulu sudah pernah mengikuti event sejenis, juga seperti itu. Jadi, mengikuti samber ini pun, saya sudah niatkan bahwa saya tidak akan kecewa jika tidak bisa menulis semuanya. Karena tidak ada kecewa, berarti tidak ada duka, jadi isinya suka-suka aja, kan...

Nah, sebenarnya saya gabung di Kompasiana itu sudah lama yaitu tahun 2015. Tapi nulisnya gitu-gitu aja sampai lupa password. Kemudian tahun 2020 kemarin, bikin lagi akun yang ini. Tapi juga cuma bikin doang. Niatnya mau nulis tentang pekerjaan saya, tapi ya tinggal niat. Aduh, jangan ditiru. Sampai kemudian, awal April 2021, teman saya yang juga kompasianers yaitu Kang Bugi bikin pelatihan nulis semi populer, saya ikut. Ternyata tugas nulisnya harus diaplot di Kompasiana. Nah, sudahlah berkat Kang Bugi saya menulis konten pertama di Kompasiana, tepatnya tanggal 9 April 2021. 

Setelah itu, saya lihat ada pengumuman Samber dan saya berniat ikut meramaikan. Bukan sebagai peserta militan yang rela menerjang badai dan amuk segara demi konten (aduh lebaynya saya), tapi peserta yang manis manja ajah ... nulis yang ringan-ringan dan lucu-lucu. Pokoknya suka-suka ajah gitu.

Nah, ini salah satu tujuan saya ikutan Samber, nglemesin tangan dan otak.
Nah, ini salah satu tujuan saya ikutan Samber, nglemesin tangan dan otak.
Jadi, menurut saya ikut event Samber itu bermanfaat banget. Selain nglemesin tangan dan otak, si otak juga terasah karena kan kalau ada topik yang pengetahuannya kurang, harus nambah-nambah info dulu supaya tulisannya nggak terlalu malu-maluin. Seperti waktu nulis tentang Kojima, baca-baca tentang madu, gitu. Ada lagi manfaat lain yaitu nambah teman. Saya suka kalau pas  lagi bales-balesan komen atau sekadar ngasih rating. Itu kayaknya seperti lagi ngobrol sama teman dan sejauh ini temannya mengasyikkan semua. Kayaknya memang kompasianers nggak ada yang rese', ya...

Trus, tulisan para kompasianers kan beragam ya, saya bisa belajar banyak hal yang sebelumnya nggak tau dan bisa melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang. 

Kemungkinan memang saya nggak akan menangin hadiah dari Samber, karena saya nulisnya suka-suka (kadang nulis, kadang enggak). Tapi itu sama sekali nggak masalah, karena kembali lagi - saya nulis Samber buat suka suka.

O iya, dan yang paling saya suka dengan ikut event nulis Samber ini adalah, dalam sebulan status saya sebagai debutan, naik menjadi junior. Alhamdulillah, seneng. Semoga ke depan tetep istiqomah nulis sehingga saya bisa mencapai tahap maestro, aamiin ... cita-cita boleh tinggi, kan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN