Mohon tunggu...
Petani Millenial
Petani Millenial Mohon Tunggu... Public Relations

In a world of worriers, be the warrior

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

8 Jenis Sayuran Bernilai Ekonomis Tinggi yang Bisa di Tanam di Musim Hujan

24 Agustus 2020   15:58 Diperbarui: 24 Agustus 2020   16:03 998 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Jenis Sayuran Bernilai Ekonomis Tinggi yang Bisa di Tanam di Musim Hujan
Tomat (Sumber: Freepik.com)

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor-faktor tersebut sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Adapun faktor internal yang sangat mempengaruhi adalah Gen dan Hormon. Oleh karena itu, pemilihan benih berkualitas tinggi adalah faktor krusial pada saat menanam di musim hujan. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi adalah Nutrisi, Cahaya Matahari, Air dan Kelembaban, Suhu, dan Tanah.

Secara umum, cuaca masuk ke dalam faktor eksternal yang mempengaruhi kualitas tanaman yang ditanam. Di Indonesia terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Setelah musim kemarau berlalu, sebagian petani akan mulai bercocok tanam dan menyesuaikan jenis tanaman yang cocok ditanam di musim hujan.

Ketersediaan air yang melimpah akan menjadikan daun-daun tanaman mulai menghijau dengan suburnya dikarenakan adanya nitrogen bebas yang terkandung didalam air hujan.

Cuaca hujan juga mempengaruhi petani untuk mempersiapkan lahan dengan berbagai macam perawatan yang baik agar tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.

Berikut adalah beberapa jenis sayuran yang bisa ditanam di musim hujan:

1. Kubis 

Kubis Sharira (Sumber: Triberkatagro.com)
Kubis Sharira (Sumber: Triberkatagro.com)
Kubis adalah salah satu jenis tanaman yang perakarannya agak dangkal. Tanaman kubis dapat tumbuh pada dataran yang rendah hingga dataran yang tinggi. Secara umum, kubis ditanam di daerah yang hawanya sejuk dan basah antara 800 hingga 1.000 mdpl. Namun, ada juga varietas kubis yang dapat ditanam di dataran rendah sekitar 0 hingga 200 mdpl.

Kubis memiliki peluang dan pasar yang besar untuk menghasilkan keuntungan bagi petani. Selain musim hujan, kubis juga dapat ditanam sepanjang tahun dengan pH tanah antara 6-7.

PT Tri Berkat Agro sebagai salah satu distributor pertanian di Indonesia juga menyediakan benih kubis dengan jenis Kubis Sharira yang berkualitas. Selain itu ciri khas Kubis Sharira yang dihasilkan pun diameternya tinggi 16 hingga 18 cm, serta warnanya hijau muda cerah dan rasanya agak manis.

2. Kembang Kol 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN