Mohon tunggu...
Media Indah E. L
Media Indah E. L Mohon Tunggu...

I love to taking pic. But I love writing too...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Lakukan Empat Cara Berikut Jika Ingin Promosi Gratis

2 Maret 2018   14:38 Diperbarui: 2 Maret 2018   14:40 0 4 2 Mohon Tunggu...
Lakukan Empat Cara Berikut Jika Ingin Promosi Gratis
Ilustrasi: Strategi Promosi (Freepik.com)

Dalam suatu perusahaan, pemasaran merupakan hal yang mempunyai peranan penting untuk mempertahankan kelangsungan dan keberlanjutan perusahaan. Pemasaran dilakukan untuk menjaring pasar dan memperluas target produk ataupun jasa perusahaan.

Pemasaran atau marketing adalah salah satu kegiatan yang dilakukan dan memberikan dampak signifikan terhadap keuangan bisnis yang Anda kelola. Fungsinya tidak hanya mendongkrak penjualan, namun sebagai brand awareness terhadap masyarakat agar eksistensi perusahaan diketahui masyarakat luas.  

Namun pada umumnya, beberapa perusahan startup ataupun yang baru dirintis, budget yang dianggarkan untuk kegiatan marketing tidaklah besar sehingga strategi promosi yang dirancang pun terbatas dana. Tetapi jangan khawatir karena masih ada strategi promosi gratis yang dapat Anda jalankan berikut caranya.

1. Manfaatkan pelanggan yang sudah ada

Ilustrasi: Pelanggan (Freepik.com)
Ilustrasi: Pelanggan (Freepik.com)
Apabila Anda memiliki konsumen yang sudah loyal pada bisnis Anda, buatlah mereka juga mempromosikan bisnis Anda. Minta testimoni atau review yang positif tentang produk bisnis Anda dan juga pengalaman mereka dalam memakai produk Anda. Kalau bisa, minta mereka masukkan dalam situs, blog atau media sosial yang milik perusahaan Anda.

Testimoni yang Anda dapat dari mereka menjadi pedoman bagi calon pembeli yang hendak membeli produk Anda.

2. Manfaatkan media sosial

Ilustrasi: Media sosial (Freepik.com)
Ilustrasi: Media sosial (Freepik.com)
Promosi sebuah produk atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak kehadiran media sosial. Hadirnya media sosial kini didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi dengan cepat, mudah dan murah serta tanpa modal.

Berikut beberapa media promosi handal yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda yaitu Facebook, Instagram, Line, Twitter, Instagram, Path, Kaskus, Google+, Blogdan Youtube.

3. Email marketing

Ilustrasi: email (Freepik.com)
Ilustrasi: email (Freepik.com)
Hanya bermodal jaringan internet, Anda bisa melakukan marketing campaign Anda dengan praktis. Menurut Ascend2, email marketing adalah salah satu taktik paling efektif untuk mencari pelanggan baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2