Media Indah E. L
Media Indah E. L Digital Marketer

I love to taking pic. But I love writing too...

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Toko ''Online'' atau Toko ''Offline'', Pilih Belanja di Mana?

8 Januari 2018   15:35 Diperbarui: 11 Januari 2018   11:56 581 2 0
Toko ''Online'' atau Toko ''Offline'', Pilih Belanja di Mana?
Ilustrasi: Memilih Toko Online atau Offline. (Freepik.com)

Libur sudah selesai. Saatnya mempersiapkan semua hal dengan berbelanja. Ya, berbelanja keperluan rumah tangga, keperluan kantor hingga keperluan peralatan sekolah anak merupakan rutinitas setelah liburan, tak terkecuali liburan akhir tahun.

Sebagian orang yang memiliki banyak waktu luang mungkin dapat melakukannya dengan berbelanja langsung ke toko offline seperti minimarket, supermarket, hingga mall di pusat kota.

Namun, bagi sebagian orang lagi yang tidak memiliki banyak waktu luang dapat melalui toko online (online shop). Dan juga, semakin hari fasilitas pun semakin update. Dimulai dari sekedar menuliskan linknya hingga hanya dengan mendownload aplikasi kita sudah dapat memilih barang yang akan dibeli.

Kelebihan toko Offline.

sumber foto: freepik.com
sumber foto: freepik.com

1.  Cek barang Langsung

Disini anda bisa mengecek secara langsung apakah barang yang akan anda beli memiliki cacat atau tidak. Sehingga harga dapat disesuaikan dengan kualitas barang.

2.  Tidak salah pesan

Apabila anda membeli langsung di toko offline, anda tidak akan melakukan kesalahan pesan. Kesalahan memesanlah yang menyebabkan anda akan menghamburkan uan

3.  Minta saran

Saat membeli di toko online tentang barang-barang tertentu, mungkin kita juga bisa bertanya tentang pendapat mereka tentang produk yang kita pilih. Namun, sebagian orang berpendapat bahwa hal tersebut belum membuat mereka yakin untuk membeli, sedangkan jika membeli di toko biasa atau offline, saran akan lebih diterima karena langsung berhadapan dengan orangnya secara langsung.


Kekurangan toko Offline.

1.  Lokasi terbatas

Sebuah perusahaan memiliki produk dengan target sesuai pasar. Toko offlinecenderung lokasinya berada disuatu tempat yang mengharuskan orang langsung datang ke tempat tersebut.

2.  Jangkauan Terbatas

Pembeli toko offline'biasanya' hanya penduduk atau orang yang berada disekitar tempat tersebut.

3.  Waktu terbatas

Belanja secara offlinedan online sangat jauh berbeda. Dengan berbelanja secara offlineanda diharuskan pergi ke tempat tersebut untuk melihat secara langsung produknya. Dengan demikian, waktu anda yang terbuang dijalan cukup banyak untuk naik kendaraan dan mencapai toko. Selain itu ongkos yang dikeluarkan lebih besar.


Kelebihan toko Online

Ilustrasi: Belanja Online. (Freepik.com)
Ilustrasi: Belanja Online. (Freepik.com)

1.  Harga lebih murah

Toko online menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada toko offline. Mengapa demikian ? Karena tidak dikenakan pajak bangunan layaknya toko offline.

2.  Fleksibel

Toko online memberikan anda hak sebagai pelanggan untuk berbelanja kapan saja dengan waktu yang tidak terbatas selama 7x24 jam. Namun biasanya pelayanan dilakukan sesuai dengan jam kerja ataupun peraturan masing-masing toko online.

3.  Pilihan barang lebih banyak

Mengapa lebih banyak ? karena toko offline memiliki tempat terbatas untuk memajang produk mereka, sedangkan toko online memiliki tempat tidak terbatas yang dapat digunakan untuk memajang produk. Sekalipun tidak tersedia di toko tersebut, dengan mudah kita dapat berganti toko lainnya.


Kekurangan toko Online.

1.  Waktu pengiriman barang

Pelanggan toko offline memerlukan waktu untuk mengunjungi toko, namun pelanggan toko toko online juga memerlukan waktu lebih lama karena pelanggan harus menunggu produk dikirimkan terlebih dahulu. Biasanya 1-3 hari. Ada juga yang memakan waktu lebih lama.  

2.  Biaya pengiriman

Sejumlah toko online menetapkan biaya pengiriman sehingga menambah biaya akhir. Semakin jauh alamatnya semakin mahal biaya pengirimannya.  

3. Rawan penipuan

Dalam belanja online, hal seperti ini sangat sering terjadi adalah banyak pelanggan menjadi target pembohongan belanja online. Oleh karenanya, pilihlah situs online yang aman dan memang sudah terpercaya.


So, apapun pilihan Anda dan dimanapun tempat Anda belanja, toko Online ataupun toko Offline, percayakan SISCOM Software Accounting sebagai program pengelola keuangan.