Mohon tunggu...
Media Indah E. L
Media Indah E. L Mohon Tunggu...

I love to taking pic. But I love writing too...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Resolusi Atur Keuangan di Tahun 2018, Pentingkah?

4 Januari 2018   13:45 Diperbarui: 4 Januari 2018   13:56 1446 2 0 Mohon Tunggu...
Resolusi Atur Keuangan di Tahun 2018, Pentingkah?
Ilustrasi: Mengatur Keuangan. (Freepik.com)

Peralihan tahun menjadi suatu yang sangat dinanti oleh hampir semua orang. Mengapa ? Karena setiap orang pada dasarnya ingin menjadi lebih baik di hari selanjutnya. Sebagian besar orang membuat resolusi ingin 'keuangan' membaik. Tentu saja setiap orang ingin yang terbaik, apalagi dalam hal keuangan, yang sangat 'krusial' memegang peranan hidup manusia.

Berikut hal penting yang sangat anda perlukan untuk mengatur keuangan anda.

1. Catat Arus Kas (Uang Masuk-Uang Keluar)

Pencatatan arus kas sangat penting dalam mengetahui dan mengatur keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan atau pemasukan. Hal ini sangat berguna untuk pengelolaan keuangan karena dari catatan ini dapat diketahui semua pengeluaran yang dilakukan mulai dari pendapatan atau gaji, bonus, keuntungan, belanja bulanan, pembayaran lain, anggaran investasi dan menabung. Dengan demikian kita dapat mengetahui kapan anda harus berhemat.

Ilustrasi: Cash Flow. (Freepik.com)
Ilustrasi: Cash Flow. (Freepik.com)
2.  Menabung atau Investasi

Dari penghasilan yang anda dapatkan, sisihkan dana anda untuk investasi ataupun menabung. Secara presentase, nilai tabungan atau investasi paling tidak 10% dari total pendapatan. 

Ilustrasi: Tabungan. (Freepik.com)
Ilustrasi: Tabungan. (Freepik.com)
3.  Patuh Bayar Pajak

Pajak adalah kewajiban yang harus dipenuhi bagi seluruh penduduk Indonesia. Persiapkan dan patuhlah membayar pajak demi memajukan bangsa Indonesia. Uang yang dihasilkan dari pajak, kembali kepada rakyat berupa sarana dan prasarana, beasiswa pendidikan oleh pemerintah dan lain sebagainya.

Ilustrasi: Pajak. (Freepik.com)
Ilustrasi: Pajak. (Freepik.com)
4.  Alokasi Aset

Alokasi aset atau penyebaran asset dilakukan untuk menghindari risiko dan kerugian di kemudian hari. Misalnya anda punya dana untuk menabung atau investasi Rp 100 juta, gunakanlah Rp 50 juta untuk menabung Rp 50 jutanya investasi. Jangan lupa evaluasi dalam waktu berkala.

Ilustrasi: Aset. (Freepik.com)
Ilustrasi: Aset. (Freepik.com)
5.  Proteksi Diri dan Aset

Proteksi diri dan aset dari sejumlah risiko yang muncul merupakan aset terpenting. Pilihlah asuransi dan  sesuai kebutuhan.  Proteksi asset berguna suatu saat apabila aset mengalami kecelakaan atau musibah dan bisa di klaim sewaktu-waktu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN