Media Indah E. L
Media Indah E. L Digital Marketer

I love to taking pic. But I love writing too...

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Cara Tepat Capai Resolusi Keuangan Tahunan

16 Desember 2017   10:01 Diperbarui: 16 Desember 2017   10:04 874 0 0
Cara Tepat Capai Resolusi Keuangan Tahunan
DOKPRI



Di penghujung tahun, setiap orang berharap resolusi tahun berjalan sudah tercapai semua. Resolusi menurut KBBI adalah putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yg ditetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang); pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tt suatu hal. resolusi adalah tujuan atau sesuatu yang hendak saya capai untuk tahun-tahun ke depan.

Resolusi yang diinginkan orang berbagai macam misalnya pendidikan, karir, percintaan, belajar hal baru, mengurangi kebiasaan buruk, keluarga dan lain sebagainya. Namun dibutuhkan resolusi yang berkaitan satu dan lainnya sehingga. Namun dari semua resolusi, keuangan adalah resolusi yang mesti dicapai karena apabila resolusi keuangan terpenuhi, semua resolusi pun akan terpenuhi.

Dalam merencanakan resolusi, diperlukan sebuah komitmen dan kemauan agar resolusi dapat tercapai. Berikut beberapa cara tepat menjalankan resolusi anda di tahun depan.

1.  Tujuan Yang Spesifik

Semua hal yang anda jadikan tujuan patut anda rincikan secara spesifik. Mengapa demikian ? Tujuan yang spesifik kemungkinan besarnya akan terwujud karena setap detail informasinya membuat anda semakin terpacu untuk mencapai hal tersebut. Misalnya anda ingin membeli Smartphoneterbaru tahun depan. Berarti anda perlu menabung Rp 500 ribu perbulan agar akhir tahun anda bisa membeli smartphone tersebut. Tetapi yang perlu diingat bahwa setiap resolusi harus memiliki alasan untuk dicapai.

2.  Tujuan Yang Realistis

Tujuan yang realistis membuat anda dapat mewujudkannya dalam waktu singkat walaupun  didunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Misalnya anda ingin membeli mobil tahun ini dengan harga Rp. 500 juta sedangkan penghasilan anda dibawah Rp. 3 juta, itu merupakan suatu yang mustahil. Perlu diingat bahwa anda harus membagi tujuan menjadi beberapa tahapan sehingga memacu anda untuk mencapai tujuan lainnya.

3.  Partner Saling Mengingatkan

Pilih partner yang dapat mengingatkan anda agar anda tidak melakukan kesalahan dan memberikan anda semangat saat anda sedang menjalankannya. Pilih partner yang tidka memiliki hutang dan cari informasi darinya bagaimana dia mengontrol keuangannya. Anda dapat memilih teman kerja ataupun keluarga sebagai partner.

4.  Miliki dana darurat.

Hal yang penting dari semua adalah anda harus memiliki dana darurat yang dapat sangat berguna ketika hal-hal yang tidak diinginkan muncul.

5.  Atur belanja bulanan.

Catat apa saja yang diperlukan setiap bulannya dan rincian biaya pengeluarannya. Kemudian cocokan dengan resolusi keuangan yang anda buat. Apakah pemasukan lebih besar dari pengeluaran ataukah sebaliknya. Hal inji efektif untuk mengetahui pengeluaran apa saja yang tidak terlalu penting sehingga tidak dilakukan lagi bulan depan.

Manusia wajib berencana namun Tuhan-lah yang mengatur. Tidak ada yang mustahil apabila anda memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk menjalannya. Anda juga bisa mencari konsultan keuangan yang dapat membantu mengatasi permasalahan keuangan anda. Selain itu ada beberapa software akuntansi gratis maupun berbayar yang dapat anda pilih untuk mengelola keuangan anda.