Mohon tunggu...
Indah Lestari
Indah Lestari Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar/mahasiswa

indah lestari,pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hindari Penipuan Belanja Online

25 Mei 2022   12:51 Diperbarui: 25 Mei 2022   12:59 49 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Hindari penipuan belanja online

Oleh: Indah lestari

Di era sekarang yang serba digital segala sesuatu dapat kita akses dengan mudah jika terhubung ke internet .pada saat ini hampir semua orang yang bisa mengakses internet menggunakan smartphone memiliki akun media .selain mempermudah mengakses informasi dengan cepat smartphone memudahkan kita berkomunikasi dengan teman atau keluarga yang berjarak jauh .

Saat ini Media sosial yang di miliki di manfaatkan untuk penjualan .menjual produk lewat media sosial.barang atau produk yang di jual di upload gambar atau video nya, dibuatkan iklan produk dengan semenarik mungkin agar menarik pembeli .

Karna saat ini kita bisa dengan sangat mudah mengakses suatu informasi contoh seperti dalam berbelanja online .saat ini banyak orang yang memilih belanja online tanpa harus keluar rumah .selain menghemat waktu pemilihan barang yang ingin di beli juga mudah di dapat tinggal mengetik barang yang kita ingin kan di aplikasi belanja online seperti shopee,lazada,tokopedia atau juga bisa berbelanja lewat media sosial seperti Instagram maka akan dengan cepat muncul banyak pilihan barang yang di butuhkan .

Namun, ada pula orang jahat yang memanfaat kan media online untuk kejatan seperti penipuan jualan online .penjahat akan membuat akun palsu penjualan mengupload gambar-gambar produk yang di ambil di akun penjualan orang lain.contoh nya dalam aplikasi Instagram . pelaku kejahatan akan membuat akun palsu yang di dalam nya di buat seperti akun penjualan asli .membeli followers agar terlihat took online nya banyak peminat atau banyak pengikut.

Maka sebagai pembeli yang cerdas khusus nya bagi orang yang suka berbelanja online sebaik nya di perhatikan lagi. Seperti kita bisa lihat postingan penjual bisa di lihat di bagian like atau kolom komentar .apakah akun tersebut benar aktif atau penipuan .kebanyakan akun belanja online akan menaruh link untuk membeli di highlight instagran yang langsung tersambung ke aplikasi watsupp agar pemebeli bisa mudah mengakses barang yang ingin di beli .

Adapun cara lain untuk menghindari pembelian online kita bisa menggunakan pembayaran COD atau bayar di tempat untuk memastikan barang yang kita beli itu beran sampai pada kita .Akun penipuan belanja online biasa nya jika pembeli melakukan pembayaran dengan transaksi maka ketika pembeli sudah transaksi uang setelah nya no watsupp di non aktifkan dan akun penjualan di hilangkan .

Ketika kita memilih untuk berbelanja online pada aplikasi ksus belanja online seperti shoope yang harus kita perhatikan agar terhindar dari penipuan took atau produk kita bisa lihat pengikut serta berapa jumlah pembeli terhadap barang tersebut .bisa juga dengan melihat  bagian upload foto atau video pembeli terhadap barang .

Cara mudah menghindari penipuan dalam belanja online :

1.dengan memperhatikan akun belanja online

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan