Mohon tunggu...
Indah Kurnia Diazyustika
Indah Kurnia Diazyustika Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Antusias KKN 88 UMM Cegah Penularan Covid-19 dengan Membantu Penyemprotan Desinfektan di Desa Jatigono

9 September 2020   09:47 Diperbarui: 9 September 2020   10:02 29 1 1 Mohon Tunggu...

Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang terjadi, membuat kami dari Mahasiswa juga merasakan dampaknya. Dimana KKN / PMM yang seharusnya dilakukan oleh kurang lebih 20 orang per kelompok, sekarang hanya dilakukan minimal 5 orang saja.

Tapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat kita untuk terus melangkah memajukan KKN 88 UMM ini. Langkah demi langkah kami lalui, dan tak banyak rintangan yang kami lalui untuk memajukan PMM di Desa Jatigono ini.

Proker yang sudah kami rangkai dengan baik, menjadi tantangan baru untuk menjalankannya dengan baik. Target Proker sedikit demi sedikit Alhamdulillah sudah kami lakukan dengan baik.

Adanya virus Covid-19 ini, berbagai Kota maupun Desa, melakukan upaya pencegahan untuk penularan penyakit tersebut. Salah satu cara untuk meminimalisisr adanya penyebaran tersebut adalah dengan menyemprotkan cairan Desinfektan.

Salah satu proker dari kelompok kami adalah “Membantu Penyemprotan Desinfektan di Desa Jatigono ”. Program kami yang satu ini kami lakukan di beberapa tempat, yaitu di Masjid/Musholla yang ditempati anak – anak yang belajar Al-Qur’an, atau biasa disebut dengan TPQ (Taman Pendidikan Qur’an) dan juga beberapa rumah warga.

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan di area publik ini berpotensi menimbulkan resiko kesehatan. Perlu adanya pengawasan dalam pelaksanaan disinfeksi dan sosialisasi serta edukasi tentang potensi resiko kesehatan terhadap masyarakat.

Kami membuat program seperti itu tidak hanya asal – asal an, akan tetapi kami melihat kondisi yang saat ini sedang terjadi, dimana wabah Covid-19 yang semakin menyebar. Dan harapannya dengan adanya program yang sudah kami buat ini, bisa mengurangi sedikit pencegahan dari merambahnya wabah virus corona ini.

Pada Kamis, 27 Agustus 2020 program itu kami lakukan di beberapa tempat. Kami memang berniat untuk melakukannya hanya sehari saja, supaya program yang lain juga bisa cepat dilaksanakan. Kami berlima melakukannya mulai pagi hari, dan tempat pertama yang kami semprot adalah di salah satu Musholla yang ada di Dusun Pandean.

Musholla yang ada di Dusun Pandean itu tidak hanya tempat Musholla saja, akan tetapi menjadi tempat TPQ ( Taman Pendidikan Qur’an ) juga, sehingga sangat tepat apabila kita menyemprot desinfektan di Musholla tersebut.

Setelah penyemprotan di Dusun Pandean sudah selesai, kami lanjutkan menyemprot di Musholla yang terletak di Dusun Wunutsari, dimana Dusun tersebut dekat sekali dengan Balai Desa Jatigono, lalu dilanjut menyemprot di Dusun Kebun Bayur dan juga di Dusun Sukorame.

O iyaa… sebelum melakukan program itu, kita melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan masing – masing Kepala Dusun .Yaaa mungkin program ini merupakan program yang sangat sederhana. Tapi menurut kami, program ini sangat berpengaruh untuk mengurangi menyebarnya virus Corona yang saat ini sedang terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x