Kesehatan

Diet? Coba Bahan Makanan Ini

11 Juni 2018   12:04 Diperbarui: 11 Juni 2018   12:33 335 2 0
Diet? Coba Bahan Makanan Ini
www.chatelaine.com

Minggu ini sudah mulai memasuki penguhujung bulan Ramadan. Untuk Anda yang kalap di minggu-minggu sebelumnya, ini waktu yang tepat untuk memperbaiki pola makan agar di hari raya bisa tampil mempesona. 

Sebenarnya, bulan puasa menjadi wadah unntuk memperbaiki pola makan serta pilihan makanan hingga tubuh menjadi sehat. Namun, ada juga sebaliknya yang malah tidak terkontrol hingga berat badannya melampaui batas di hari biasa.

Dilansir dari CNNIndonesia, Ini beberapa bahan makanan untuk Penurun Berat Badan yang bisa dipakai sebagai menu berbuka. Tapi, perlu diingat, makanan ini tidak membuat Anda langsung kurus dalam sekejap. Makanan-makanan ini hanya membantu proses penurunan berat badan Anda.

Oatmeal

Oatmeal akan terasa hambar untuk orang yang tidak biasa memakannya. Tapi, oatmeal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Oatmeal kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dan membuat perut kenyang lebih lama.

Jika ingin mengonsumsi oatmeal, hindari oatmeal instan atau oatmeal dengan gula tambahan. Sebaiknya tambahkan madu atau rempah seperti kayu manis atau pala untuk rasa dan aroma. Banyak variasi resep oatmeal yang bisa Anda tiru di internet.

Nasi Merah

Nasi merah dapat membantu menurunkan berat badan. Jika Anda biasa mengonsumsi nasi putih, ubahlah menjadi nasi merah. Dilansir dari Clark, seporsi beras merah mengandung 21 persen magnesium, 15 persen vitamin B6, 4 persen zat besi dan 3,5 persen serat. Nutrisinya lebih kaya daripada beras putih!

Alpukat

Buang jauh-jauh pikiran tentang Alpukat yang bikin gemuk. Faktanya, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal, serat, potasium dan phytochemical (zat ang terdapat pada buah/sayur dan berfungsi untuk melawan radikal bebas.

Sebuah studi yang diterbitkan di Nutritional Journal, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih rendah, berat badan dan lingkar pinggang lebih rendah.

Telur

Telur jadi salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi. Ia tinggi protein, lemak sehat dan membuat kenyang meski rendah kalori.

Studi melibatkan 30 wanita dengan kelebihan berat badan. Mereka diminta sarapan dengan telur setiap hari daripada roti bagel. Hasilnya, mereka merasa lebih kenyang dan membuat mereka makan lebih sedikit pada 36 berikutnya. 8 minggu kemudian, mereka menemukan wanita yang sarapan dengan telur mampu menurunkan berat badan saat dipadukan dengan diet kalori ketat.

Tuna

Tinggi protein dan rendah kalori, dua keunggulan ini membuat ikan tuna banyak dikonsumsi para binaragawan atau mereka yang sering mengolah otot tubuh. Jika ingin fokus pada kandungan proteinnya, maka konsumsi tuna kaleng dengan tambahan air bukan minyak.

Selamat mencoba!