Mohon tunggu...
Indah Juliantari
Indah Juliantari Mohon Tunggu... Indah Juliantari Mahasiswa Undiksha

Mahasiswa Teladan BALI, INDONESIA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

"Gayatri Mantra"

27 Maret 2021   08:03 Diperbarui: 27 Maret 2021   08:12 664 3 0 Mohon Tunggu...

Gayatri dalam kehidupan sehari-hari dan dampak sampingan bagi kita untuk meningkatkan tingkat spiritual masing-masing. Sebelumnya perlu diketahui yang lebih penting dari pada itu adalah pemahaman tentang keberadaan diri kita sendiri, yaitu bahwa kita lahir kedunia bukanlah seorang diri, lalu fungsi dan makna gayatri mantra bagi kehidupan kita adalah untuk mengagungkan dan menyembah tuhan dengan mengucapkan mantra Gayatri secara berulang-ulang  minimal 108 kali sesering mungkin untuk mengagungkan, menyembah, maka kita akan memperoleh ketenangan jiwa dan batin. Karena Gayatri mantra akan melindungi kita dimanapun dan kapanpun jika kita mengucapkan Gayatri mantra dengan sungguh-sungguh dan penuh keyakinan. Kemudian makna dalam Gayatri mantra adalah anugrah pencerahan pada hati nurani kita. Nurani dalam kegelapan akan dituntun ke jalan yang terang, hati yang terang akan dituntun pada perbuatan satwika. Jadi sebagai umat hindu yang baik mari kita ucapkan Gayatri mantra demi kebahagiaan alam semesta.

Ucapan Gayatri mantra dijukukan kepada energy surya. Dan dijukukan kepada Tuhan yang imanen dan transenden ( Tuhan yang berada dalam kesadaran segala makhluk dan segala sesuatu, tetapi juga melampaui sesuatu).

Makna dari "OM BHUR BUWAH SWAHa, TAT SAWITUR WARENYEM, BHARGO DEWASYA DHIMAHI, DHYO YO NAH PRACODAYAT"

Maknanya adalah dalam manta ibu dari segala Veda ini terkandung suatu kekuatan yang maha dahsyat, maha suci yang menjadi sumber kehidupan makhluk semesta di alam.

Sedangkan Gayatri Mantra :            

           OM Bhur Bvah svah, tat

            Savitur varenyem

            Bhargo devasya dimahi,

            Diyoyonah pracodayat

Artinya :

            Ya Tuhan pencipta tiga loka ini,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN