Mohon tunggu...
Indah Juliantari
Indah Juliantari Mohon Tunggu... Indah Juliantari Mahasiswa Undiksha

Mahasiswa Teladan BALI, INDONESIA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Manusia Pertama dalam Agama Hindu

6 Maret 2021   18:20 Diperbarui: 6 Maret 2021   18:35 592 2 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manusia Pertama dalam Agama Hindu
wallpapershit.com

Agama Hindu berasal dari bahasa sanksekerta yang disebut pula dengan mana Hinduisme yang merupakan agama dominan di Asia Selatan terutama di India dan Nepal yang mengandung beraneka ragam tradisi. Agama Hindu memiliki beberapa aliran diantaranya Saiwa, Waisnawa dan Sakta. Serta pandangan luas tentang hukum serta aturan-aturan tentang nilai dan moral dalam kehidupan sehari-hari. Yang pada dasarnya bersumber pada karma, darma, dan norma di dalam bermasyarakat. 

Agama Hindu sendiri dinyatakan merupakan agama Hindu tertua di dunia yang masih bertahan hingga sekarang ini. Menurut agama Hindu, Swayambu Manu menikah dengan Satarupa dan akhirnya memiliki keturunan. 

Anak dan cucu dari Manu disebut Manawa (berarti keturunan Manu), yang merujuk kepada spesies manusia. Menurut agama Hindu Manu dan Satarupa adalah Pria dan Wanita pertama di dunia pada era kehidupan yang pertama. 

Hal ini saya katakana karena ini merupakan sebuah Mitos dalam kalangan masyarakat yang menarik saya menggunakan gagaran dalam berfikir. Ini merupakan sebuah kepercayaan dalam agama hindu atau yang bisa kita sebut dengan sejarah agama Hindu karena hal ini merupakan peristiwa yang lampau dalam kehidupan manusia. 

Munculnya manusia pertama kali diprediksi sekitar 1 kalpa yang lalu, yang sekarang hanya menjadi sebuah sejarang yang bisa dikenang oleh generasi-generasi kita berikutnya. Setelah Manu dan Satarupa ini memiliki terurunan maka, dapat kita katakana berkembang  dengan seiring berjalannya waktu dan terdapatlah beribu-ribu manusia hingga saat ini bisa dikatakan semakin banyak betambah. Manu dan Sata rupa ini bisa kita katakana sebagai Nenek moyang yang terdahulu yang kita tidak ketahiu. 

Sedangkan terbentuknya manusia menurut agama Hindu yaitu makhluk yang berfikir yang menjadikan dirinya sendiri. Pernah pula saya dengar bahwa manusia itu tercipta sesudah munculnya tumbuhan dan hewan di permukaan bumi ini. Mengapa demikian ? karena manusia memiliki unsur-unsur alam semesta. Maka dari itu manusia disebut sebagai Bhuana Alit sedangkan jagad raya disebut dengan Bhuana Agung. Inilah beberapa gagasan atau pandangan menurut saya pribadi. Pada intinya manusia yang muncul pertama kali dalam agama Hindu adalah Manu dan Satarapa serta hal ini bukan fakta hanya saja semata-mata merupakan sebuah mitos pada jaman dahulu yang nantinya dapat dijadikan sejarah dalam agaam Hindu.

Manusia adalah ciptaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan berkat beliau menciptakan kitalah kita akhirnya ada di dunia ini sampai saat ini. Ada beragam kisah penciptaan alam semesta yang di turunkan secara mitologis yang berbeda-beda dalam kitab-kitab Purana. Dalam ajaran agama Hindu, Swayambu Manu menikah dengan Satarupa dan akhirnya memiliki keturunan. Anak dan cucu dari Manu disebut Manawa (berarti keturunan Manu), yang merujuk kepada spesies manusia. 

Menurut agama Hindu Manu dan Satarupa adalah Pria dan Wanita pertama di dunia pada era kehidupan yang pertama. Hal ini saya katakana karena ini merupakan sebuah Mitos dalam kalangan masyaraka serta hanya sebuah Sejarah siapa orang pertama dalam agama Hindu. Selain hal diatas gagasan saya yang lain mengenai hal ini yaitu manusia itu sebulumnya tidak ada karna manusia diciptakan setelah tumbuhan dan hewan. Saya pernah mendengar bahwa manusia itu berasal dari seekor kera yang seiring dengan berjalannya abad sampai akhirnya kera burubah sedikit demi sedikit menjasi manusia seperti perubahan pada manusia purba. 

Dalam kitab suci agama Hindu tetap Swayamba Manu ini merupakan sebutan , sedangkan kata manusia sendiri diduga adalah turunan dari kata Manu. Menurut agama Hindu orang pertama dalam agama Hindu terbentuk dari 5 (lima) unsur alam yang disebut dengan Panca Maha Bhuta. Bagian-bagian dari unsur ini meliputi yang pertama, pertiwi (tanah) yang artinya zat padat. Yang kedua, Teja (api) yang artinya panas. Yang ketiga, Bayu (udara) yang berarti gas. Yang keempat, yaitu Apah (air) atau yang berhubungan dengan zat cair. Dan yang Kelima yaitu Akasa (ether) hal yang hampa. Inilah hal yang pertama dari terciptakan orang pertama dalam agama hindu jika dilihat dari motologi yang ada.  

Melihat banyaknya teori asal-usul manusia saya merasa heran dan seakan-akan tidak percaya dengan hal ini bahwa manusia pertama adalah Manu. Manusia diciptakan oleh Sang Hyang Widhi Wasa yaitu hanyalah supaya manusia menyembah Tuhan. Dengan manusia mennyembah Tuahan maka manusia akan mendapatkan tuntunan oleh Ida Sang Hyang Widhi agar hidup sejartera. Dapat juga dikatakan bahwa manusia adalah kesatuan antara badan jasmani dan jiwa (atma) sehingga ia terus berkembang. 

Tidak semua hal memiliki pemikiran yang sama dengan apa yang saya buat diatas karena setiap manusia memiliki keyakinan damn kepercayaan tersendiri mengenai siapa orang pertama dalam agama Hindu.Kemudia ada juga yang mengatakan asal-usul manusia yaitu dari adanya fosil-fosil yang berevolusi dari bangsa Kera. Menurut ajaran kitab suci Weda. Manusia sesungguhnya bukan berasal dari kera karena manusia menyerupai manusia, maka dari itu manusia pertama dikatakan berasal dari seekor Kera. Dalam perwujudan ini bisa kita katakana bahwa setiap manusia memiliki persektif yang berbeda-beda dalam menuangkan gagasannya tentang orang pertama dalam agama Hindu. Karena munculnya manusia pertama ini bisa dilihat dari sejarah, kitab suci maupaun cerita yang kita dengar dari orang tua kita tentang orang pertama dalam agama Hindu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN