Mohon tunggu...
Indah Juliantari
Indah Juliantari Mohon Tunggu... Indah Juliantari Mahasiswa Undiksha

Mahasiswa Teladan BALI, INDONESIA

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Analisis Problematika dan Solusi Sistem Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi

1 Oktober 2020   09:39 Diperbarui: 1 Oktober 2020   09:50 4012 2 0 Mohon Tunggu...

Permasalahan dan solusi sistem pendidikan Indonesia masa pandemic covid-19. Pada tahun 2020 ini, siapa sangka virus covid-19 ini, muncul. Sistem pendidikan di Indonesia biasanya dilakukan langsung atau tatap muka dan sekarang digantikan dengan cara belajar online, atau sering kita sebut daring. Hal ini, adalah dampak dari virus covid-19 ini, . 

Pendidikan ini, mempunyai peran yang penting dalam mengembangkan generasi kita. Jadi tujuan pendidikan di Indonesia adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Tugas pendidikan yaitu menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan. Apa yang terjadi jika pembangunan di Indonesia tidak diikuti dengan pembangunan di bidang pendidikan? Meskipun pembangunan fisiknya baik, akan tetapi apa artinya bila moral bangsa kita terpuruk. Agar hal yang tidak kita inginkan terjadi. Maka harus dilakukan pencegahan, pendidikan di Indonesia harus dijadikan prioritas utama dalam pembangunan negeri kita ini, untuk sekarang dan kedepannya.

Menurut analisa dan pendapat yang saya sampaikan, permasalahan pendidikan pada masa pandemi covid-19 pendidikan di Indonesia masih terasa sangat ini, . Kenapa? Karena banyaknya masalah pendidikan yang semakin rumit, terlebih lagi pada saat pandemi sekarang ini, yang kita tidak tahu kapan akan berakhir. 

Masalah pendidikan di indonesia seperti kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, biaya pendidikan yang mahal, banyak masyarakat menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting. Hal ini, akan berdampak buruk kedepannya bagi kehidupan bangsa kita serta terganggunya perekonomian akibat covid-19, akan berdampak juga bagi pendidikan. 

Selain itu problematika sistem di Indonesia pasca- pandemic covid-19 kurangnya bahan belajar, terlihat dari sekolah dan jauh dari kelayakan, kondisi sekolah dan lain sebagainya. Padahal didalamnya banyak anak-anak yang semangat untuk belajar, namun karena permasalahan ini, membuat mereka kesulitan dalam mencapai tujuan mereka dan meraih cita-citanya. 

Hal ini, berbeda dengan pendidikan dikota-kota yang fasilitas dan kemampuannya melebihi pendidikan di desa. Misalnya dalam hal penggunaan telepon dan laptop. Masyarakat kota lebih modern dan mengikuti perkembangan jaman daripada di desa. Kemudian dalam hal ini, , pemerintah juga kurang aktif dalam menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. 

Sehingga masalah ini, menjadi cukup besar karena sampai sekarang belum ada penyelesaian problematika pendidikan yang benar-benar terjadi. Jika pemerintah Indonesia tidak berperan dalam hal ini, maka masalah pendidikan pasca- pandemic ini, tidak akan selesai. Jika pemerintah Indonesia tepat dan benar dalam menyelesaikan problematika pendidkan ini, maka permasalahan pendidikan di Indonesia akan segera berakhir. 

Dalam perguruan tinggi terdapat 2 permasalahan pendidikan di Indonesia, yang pertama yaitu permasalahan ekonomi (biaya yang tidak memungkinkan dalam situasi pandemic covid-19) dan yang kedua problematika pembelajaran yang terasa kurang mantap dalam proses belajar mengajar pada saat ini. 

Permasalahan pendidikan yang sangat berdampak pasca- pandemic yaitu proses belajar yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit seperti paket data atau kuota, hal ini, yang menjadi permasalahan bagi pendidikan. Bukan hanya pada kalangan SD, SMP, SMA/SMK dan perguruan tinggi saja yang kesulitan dalam pandemic ini. Bagi mahasiswa yang sedang menyusun skripsi mereka kesulitan dalam melakukan riset lapangan dan melakukan bimbingan pada tahun 2020 ini, yang diakibatkan oleh pandemic covid-19.

Demikian yang dapat saya analisa mengenai problematika sistem pendidikan Indonesia pasca- pandemic covid-19. Bukan hanya yang saya sampaikan diatas saja, problematika pendidikan Indonesia pasca- pandemic. Saya sendiri juga mengalami hal itu, terlebih lagi saya adalah mahasiswa baru dari Universitas Pendidikan Ganesha. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN