Mohon tunggu...
Indah Hanifah Lizar
Indah Hanifah Lizar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Mahasiswa

a lover of the sea

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perjuangan Masuk Perguruan Tinggi

30 Oktober 2019   20:48 Diperbarui: 30 Oktober 2019   20:54 45
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pepatah mengatakan, kejarlah ilmu hingga ke negeri China. Pepatah itu memang harus direalisasikan dinegara ini. Sebab meningkatnya sumber daya manusia sangat berpengaruh untuk kemajuan bangsa. Tak sedikit orang yang berlomba lomba untuk masuk perguruan tinggi. Tujuan mereka pun beragam. Ada yang memang ingin menambah ilmu untuk mengabdi pada masyarakat, ada yang disuruh orang tua, ada pula yang masuk perguruan tinggi hanya karena gengsi agar tidak dipandang rendah oleh sekitar.

Saya adalah salah satu orang yang berjuang demi masuk perguruan tinggi negeri. Kenapa harus masuk perguruan tinggi ? Kenapa tidak langsung saja bekerja ? Tidak lelah sudah bersekolah 12 tahun ? Mungkin itu yang dipikirkan orang orang. Saya pribadi ingin masuk perguruan tinggi memang ingin mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dan mencari pengalaman yang kelak akan berguna untuk masa depan saya maupun bangsa.

Tetapi perjuangan masuk perguruan tinggi memang tidak mudah, bahkan banyak orang yang belum berkesempatan untuk masuk perguruan tinggi dan memilih berkerja terlebih dahulu lalu mengulang ujian masuk tahun berikutnya. Kelas 12 adalah masa yang sangat berat. Disaat itu, saya harus belajar untuk mengisi rapot, ujian praktek, mengerjakan banyak try out untuk UN maupun  US, bahkan saya harus mempersiapkan untuk ujian masuk perguruan tinggi. Memang sulit tetapi apabila dijalani dengan serius pasti kita bisa menjalaninya.

Satu semester di kelas 12 sudah terlalui, kegiatan sekolah saya semakin padat. Menguras otak, waktu dan sangat melelahkan. Sekolah mulai pukul 06.30 hingga 15.00,dilanjutkan dengan tambahan materi untuk UN hingga pukul 16.00. Setelah itu ada tambahan belajar atau les mulai pukul 19.00 hingga 22.00. Belum lagi saya harus mengerjakan soal latihan untuk UN maupun UTBK.  UTBK adalah ujian untuk masuk perguruan tinggi di Indonesia, banyak orang belajar mati-matian untuk mendapatkan nilai yang baik agar bisa diterima saat SBMPTN nanti.

Ujian tahun 2019 menggunakan system yang baru, dimana bisa dilaksanakan dua kali tes dan mengambil nilai terbesar. Ujiannya dilakukan mulai dari April hingga akhir Mei. Setelah selesai UN pada awal April, saya akhirnya bisa focus untuk belajar ujian masuk perguruan tinggi. Sejak pagi hari sudah melatih diri dengan jenis soal yang baru, berharap mendapat nilai yang baik saat pengumuman nanti. 

Tetapi sekarang semua itu sudah saya lewati, perjuangan keras saya sudah membuahkan hasil. Hasilnya adalah saya bisa masuk perguruan tinggi dan jurusan yang saya inginkan. Jadi berusahalah untuk segala yang kita impikan. Nikmati prosesnya, karena proses tidak akan menghianati hasil.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun