Mohon tunggu...
Indah Gayatri
Indah Gayatri Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Rayakan Perbedaan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Dari Wakaf Bisa Membantu Petani dan Masyarakat

10 April 2021   12:31 Diperbarui: 10 April 2021   12:43 145 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dari Wakaf Bisa Membantu Petani dan Masyarakat
Ilustrasi petani bercocok tanam

Istilah "wakaf" semakin familiar di telinga masyarakat Indonesia. Apalagi setelah pemerintah meluncurkan program wakaf secara nasional beberapa waktu lalu.

Konsep berbagi kebaikan untuk khalayak umum melalui barang/benda ini semakin menunjukan kebermanfaatannya. Apalagi di tengah kondisi pandemi dan resesi global saat ini. Terbukti, instrumen wakaf bisa digunakan untuk menolong sesama.

Wakaf menurut pengertiannya berarti menahan suatu barang, dan menyalurkan manfaatnya dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah.

Selama ini kita mengenal wakaf dalam bentuk konvensional seperti tanah untuk pembangunan masjid, atau mewakafkan rumah untuk kepentingan para penuntut ilmu, atau semisalnya.

Namun dengan perkembangannya, wakaf juga bisa digunakan untuk hal-hal bermanfaat lainnya. Bahkan bisa menyasar sektor yang esensial bagi perekonomian masyarakat, seperti pertanian.

Apalagi sektor pertanian terbukti menjadi penyelamat ekonomi negeri saat pandemi dan resesi. Hal itu terlihat dari pertumbuhannya yang tetap konsisten ketika sektor usaha lainnya tumbuh negatif.

Meski begitu sayangnya banyak petani yang kurang mujur. Sebagian besar petani kita hanya mengelola lahan yang sempit dan kapasitas produksi yang terbatas. Otomatis hasilnya pun tidak seberapa.

Belum lagi mereka sangat bergantung dengan instrumen keuangan yang menjerat leher. Tak heran bila petani menjadi salah satu sektor profesi yang paling banyak mengalami kemiskinan di Indonesia.

Berangkat dari kondisi itulah Global Wakaf-ACT, Yayasan Penguatan Peran Pesantren Indonesia (YP3I), dan Gema Petani berkolaborasi untuk menyambungkan instrumen sosial wakaf dengan sektor pertanian agar bisa menolong petani dan memperkuat ketahanan pangan Indonesia.

Ikhtiar dalam proses mewujudkan kedaulatan pangan umat itu dilakukan melalui pengelolaan Wakaf Sawah Produktif (WSP). Dan menariknya, usaha itu sudah mulai membuahkan hasil.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN