Mohon tunggu...
Indah Gayatri
Indah Gayatri Mohon Tunggu... Penulis Lepas

Rayakan Perbedaan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Migas (Bakal) di Genggaman Kita

27 September 2020   10:33 Diperbarui: 27 September 2020   10:37 99 4 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Migas (Bakal) di Genggaman Kita
Blok Rokan (sumber: Twitter Presiden Jokowi @jokowi)

Lama tak terdengar, kini kabar baik datang dari proses transisi alih kelola Blok Rokan dari Chevron Pacific Indonesia ke PT Pertamina (Persero). Pasalnya, proses tersebut berjalan sesuai agenda dan diperkirakan segera rampung tahun ini.

Pertamina melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), saat ini tengah mempercepat transfer data eksplorasi dan eksploitasi lapangan utama agar segera menyiapkan kegiatan pemboran 44 sumur tahun depan.

Pemboran sumur baru tersebut direncanakan akan dilakukan pasca peralihan dari CPI ke PHR pada 9 Agustus 2021 mendatang.

Untuk memperlancar proses tersebut, pihak Pertamina terus melakukan komunikasi intensif ke pihak CPI agar transisi berjalan lancar sehingga bisa menjaga produksi di Blok Rokan.

Karena salah satu tantangan di Blok Rokan dalam proses transisi ini adalah turunnya produksi minyak. Hal ini disebabkan oleh minimnya investasi pengeboran di Blok Rokan

Bahkan, menurut perhitungan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), produksi minyak di blok ini merosot hingga 20.000 barel per hari. Hal ini terjadi karena dalam masa transisi 2018-2021 tak ada investasi pengeboran sumur baru.

Nah, percepatan transisi alih kelola ini termasuk dalam rangka menahan natural decline rate atau penurunan alamiah tersebut.

Adapun kegiatan transisi yang tengah dilaksanakan Pertamina, diantaranya proses konstruksi penggantian pipa 'trunk line' sepanjang kurang lebih 364 km yang membawa minyak mentah dari lapangan Rokan ke tangki penampungan di Dumai.

Kegiatan ini yang selanjutnya dapat menjadi suplai untuk proses pengolahan produk di Kilang Pertamina Dumai.

Selain itu, Pertamina juga tengah mempersiapkan transisi pekerja Chevron yang nantinya akan diberdayakan di PHR maupun di Pertamina sesuai ketentuan yang berlaku, misalnya, pekerja di blok alih kelola lainnya yang sudah pernah ditangani Pertamina sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x