Mohon tunggu...
Indah Destriani Rahayu
Indah Destriani Rahayu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya manusia biasa.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga (21107030108), Gadis asal Bandung yang hobi bersenandung.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Nepal Van Java, Objek Wisata Cantik di Magelang yang Suasananya Mirip dengan Nepal

13 Juni 2022   20:47 Diperbarui: 13 Juni 2022   20:58 489 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemandangan di Nepal Van Java saat hari mulai gelap dari ketinggian (sumber : @nepal_van_java) 

Siapa yang tidak tahu Nepal dan pesona Gunung Everest yang membuat siapa saja yang melihatnya ingin sekali untuk mengunjunginya. Namun jika dipikir-pikir kembali, biaya yang dibutuhkan untuk pergi kesana sangatlah mahal. Tidak semua orang memiliki cukup banyak uang untuk pergi kesana. 

Tapi jangan khawatir, kalian warga Indonesia apalagi yang tinggal di Magelang, Jawa Tengah, tak perlu jauh-jauh pergi ke Nepal untuk menikmati keindahannya. 

Di Dusun Butuh, Kecamatan Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah ada sebuah desa yang disebut sebagai Nepal Van Java. Objek wisata ini sempat viral di masa pandemic Covid-19 kemarin.

Nepal Van Java ini merupakan area pedesaan yang dijadikan objek wisata. Pedesaan ini berada di ketinggian mencapai 1.600meter diatas permukaan laut. 

Dari ketinggian ini, area pedesaan yang disebut Nepal Van Java ini menawarkan suasana yang asri, udara segar dan pemandangan yang bisa memanjakan mata siapa saja yang berkunjung kesana. Kontur tanah yang berundak-undak tampak indah dengan rumah-rumah warga yang dikelilingi oleh perkebunan. 

Di balik rumah yang berundak, kalian bisa melihat pesona gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah, Gunung Sumbing yang tampah gagah dan menawan. Letak area desa yang berada di kaki lereng gunung membuat udara disekitar sana terasa dingin dan sejuk.

Objek wisata Nepal Van Java ini disebut mirip dengan salah satu tempat wisata yang ada di Nepal. Posisi area lereng yang identik dengan daratan miring dan bertumpuk menjadikan rumah -rumah yang ada di dusun ini terlihat bertumpuk-tumpuk. 

Kriteria bangunan yang bertumpuk ini mirip dengan rumah-rumah yang ada di Nepal dengan pesona Gunung Everest di belakangnya. Karena inilah tempat ini menjadi viral dan ramai di kunjungi oleh wisatawan. Dusun ini juga seing mendapat julukan sebagai salah satu tempat wisata yang paling recommended untuk dikunjungi saat kalian ke Magelang.

Seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, Nepal Van Java juga menawarkan berbagai fasilitas yang menarik. Salah satunya tentu saja ada banyak berbagai spot foto yang Instagramable. 

Pengelola dusun ini memfasilitasi wisatawan yang berkunjung terutama anak-anak muda yang senang berfoto ria dan menguploadnya ke Instagram. Kalangan anak muda memang senang berfoto di tempat-tempat hits seperti ini.

Di beberapa area kalian bisa menjumpai spot-spot yang menarik seperti Teras Nepal, Gapura Dusun, Teras Masjid, Taman Depok, dan Gapura Pendakian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan