Mohon tunggu...
Indah F Aksana
Indah F Aksana Mohon Tunggu... Mahasiswi UIN Sumatera Utara

Fakultas Syari'ah dan Hukum Prodi Ahwal Asy-Syakhsiyyah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mencegah Rasa Jenuh dengan Mempertahankan Keutuhan dalam Keluarga Walaupun di Rumah Saja

15 Agustus 2020   12:39 Diperbarui: 15 Agustus 2020   12:44 37 0 0 Mohon Tunggu...

(Oleh : Indah Fitrah Aksana)

Seperti yg kita ketahui bahwa sejak awal kemunculannya, tepat nya pada awal maret 2020 kita tentu sangat dikejut kan dengan adanya wabah virus ini yang membuat semua orang merasa cemas, sehingga membuat kita harus tetap  dirumah saja mengikuti himbauan dari kebijakan pemerintah. 

Dan membuat semua aktivitas-aktivitas harus dikerjakan dirumah, mau itu pekerjaan dari kantor, proses belajar mengajar seperti tugas sekolah, bahkan ibadah pun kita dianjurkan untuk dirumah saja. 

Sehingga membuat beberapa orang yg biasanya lebih sering menghabiskan waktunya dalam sehari itu untuk bekerja di luar atau mungkin sekolah dan hal yg lain, sekarang justru lebih banyak menghabiskan waktu dirumah bersama keluarga.

Bukan hanya itu saja, dampak dari wabah ini membuat perekonomian masyarakat menurun dan bahkan ada yg harus di berhentikan dari pekerjaan nya. Karna kasus ini semakin memburuk sehingga membuat angka perceraian semakin meningkat.

Nah, apakah dengan melakukan semua aktivitas dirumah saja dan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga membuat rasa kejenuhan itu muncul? Lalu jika iya, bagaimana cara mengatasi nya agar tetap ada keharmonisan serta keutuhan didalam keluarga tersebut? Meskipun sedang ditengah pandemi ini.

Berikut 5 cara agar keluarga kita tetap harmonis dan terjaga keutuhannya meskipun ditengah pandemi melanda :

1. Harus saling memahami
    Khususnya diantara suami dan isteri, disaat sekarang ini antara suami dan isteri harus bisa sama-sama saling memahami, harus menghindari hal-hal yang bisa menjadi konflik besar sehingga mengakibat kan perceraian.

2. Harus tetap melakukan hal-hal yang positif bersama keluarga
    Meskipun dirumah saja, kita harus tetap produktif. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat maka rasa kejenuhan itu pun tidak akan terasa seperti melakukan hal yg disukai seperti memasak bersama antara anak dan ibu sehingga interaksi antara orangtua dan anak tetap terjaga atau masih banyak hal positif yg lainnya.

3. Selalu mengingat kan untuk menjaga kebersihan
    Tentunya karena wabah ini membuat kita terus merasa cemas. Oleh karena itu, keluarga harus saling mengingat kan satu sama lain untuk terus menjaga kebersihan setiap saat seperti harus rajin mencuci tangan, jika ada keperluan keluar harus memakai masker dan yang lainnya.

4. Membuat hubungan yang harmonis
    Dalam keluarga perlu menguatkan pemahaman serta penerimaan antara suami isteri mengenai pembagian peran serta tugas didalam rumah tangga. Hal ini bertujuan agar hubungan yang terjalin di antara suami dan isteri tetap terjaga, tentram dan penuh rasa kasih sayang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x