Mohon tunggu...
Indah AinunZ
Indah AinunZ Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa UNS Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kegiatan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 dalam Meningkatkan Pemahaman Warga Gendingan terhadap Bahaya penyebaran Covid-19

11 Juli 2020   05:20 Diperbarui: 13 Juli 2020   00:45 25 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 dalam Meningkatkan Pemahaman Warga Gendingan terhadap Bahaya penyebaran Covid-19
Pembagian buku saku edukasi covid-19, handsanitizer dan masker kain kepada warga gendingan RT 01

Pandemi COVID-19 yang melanda di berbagai negara termasuk Indonesia kini telah menyebabkan lebih dari satu juta kasus secara global dan menelan puluhan ribu korban jiwa. Di Indonesia sendiri, tercatat hingga hari Kamis (9/4/20), Juru bicara Covid-19, Ahmad Yurianto menyebutkan bahwa terjadi penambahan sebanyak 2.657 kasus baru, sehingga total mencapai 70.736 kasus terkonfirmasi positif yang terinfeksi virus corona. Dengan lonjakan kasus positif covid-19 yang masif ini, ketertiban masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan sangat dibutuhkan, terlebih dengan pelonggaran SPBB dan pelaksanaan kebijakan new normal. Namun tak dapat dipungkiri, masih banyak masyarakat yang menyepelekan protokol kesehatan karena kurangnya edukasi terhadap bahaya penyebaran Covid-19. Dengan situasi new normal di mana beberapa fasilitas publik dibuka kembali setelah sebelumnya ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), beberapa masyarakat beranggapan penyebaran virus Corona bukan lagi masalah besar, sehingga pemahaman ini perlu diluruskan demi menekan kembali lonjakan kasus orang-orang yang terinfeksi Covid-19.

                Selain imbauan dari pemerintah dengan melakukan pengawasan ketat terkait penerapan protokol kesehatan masyarakat di tengah masyarakat, mahasiswa juga berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya Covid-19, salah satunya dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) COVID-19 oleh para mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang berbasis daring. Mahasiswa UNS yang tersebar di berbagai wilayah di pulau Jawa hingga di luar Jawa memiliki andil dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat di lingkungan terdekat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

                Salah satu mahasiswa UNS yang turut berkontribusi dalam pelaksanaan KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 adalah Indah Ainun Z. (C0817030) yang berdomisili di Kampung Gendingan RT 01/RW 16, Jebres, Surakarta. Dibantu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.T.I., Ph.D., Indah menjalankan beberapa program kerja dengan tema besar Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19 yang dapat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyebaran Covid-19 dan cara pencegahannya. Selama pelaksanaan KKN, beberapa program kerja yang telah terlaksana yaitu pembuatan poster edukasi penyebaran virus Covid-19 dan pencegahannya, poster edukasi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, yang kemudian poster tersebut ditempelkan di pos ronda, dan di sekitar rumah warga, serta di-upload pada sosial media. Program kerja lainnya yaitu pembuatan buku saku dan stiker edukasi Covid-19, leaflet tentang pentingnya menggunakan masker, pembagian handsanitizer, dan pembuatan masker kain yang kemudian dibagikan kepada warga RT 01/ RW 16 Kampung Gendingan dari rumah ke rumah dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Pelaksanaan kegiatan KKN tersebut berjalan lancer dan tertib dan diharapkan menambah wawasan dan warga Gendingan dan membantu pencegahan penyebarannya Covid-19.

VIDEO PILIHAN