Mohon tunggu...
Indah Dwi Rahayu
Indah Dwi Rahayu Mohon Tunggu... Lainnya - Semesta Membaca Tinta yang Tertoreh

If I might share my opinion, this world is hell, and our task is to create our own heaven - Eka Kurniawan, Beauty Is a Wound.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menengok Ragam Upaya IMIP yang Bantu Tingkatkan SDM Morowali

28 Desember 2021   13:16 Diperbarui: 28 Desember 2021   14:12 179 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi tenaga kerja di industri. Sumber foto: tempo.co

Sektor perindustrian Indonesia diketahui sebagai tameng yang membantu roda perekonomian negara terus berputar meski terdampak pandemi Covid-19. Tak heran, Pemerintah Indonesia kini memfokuskan peningkatan kinerja di sektor industri. Segenap upaya telah dilakukan, dimulai dari pemerataan kawasan industri hingga menciptakan SDM berkompeten untuk mengisi kawasan industri yang terbangun.

Ya, selain sumber daya alam sebagai bahan baku, sumber daya manusia yang mempunyai daya saing juga dibutuhkan bagi pengembangan industri di Indonesia. Terlebih, cita-cita Indonesia adalah memprioritaskan penyerapan tenaga kerja dalam negeri ketimbang tenaga kerja asing yang termanifestasi dalam transfer knowledge, skill dan technology kepada pekerja lokal. Hal ini bisa terwujud.

Dan satu perusahaan Indonesia yang gencar mewujudkan mimpi tersebut lewat peningkatan SDM berkompeten adalah PT IMIP (Indonesia Morowali Industrial Park) di Morowali, Sulawesi Tengah. PT IMIP tak hanya menciptakan SDM yang berkualitas melalui jalur instansi pendidikan, namun juga melalui pembekalan untuk pemuda yang memasuki usia siap kerja

Setidaknya ada 7 aksi peningkatan SDM yang telah dilakukan oleh PT IMIP dari waktu ke waktu:

1. Pelatihan 3 in 1 Industri Logam

PT IMIP yang bergerak di pengolahan sumber daya logam merupakan pilihan tepat bagi Kementerian Perindustrian RI untuk bekerja sama menciptakan tenaga kerja yang bisa memenuhi sektor industri logam.

Salah satu bentuk kerjasama IMIP dengan Kemenperin akhirnya terwujud lewat penandatangan MOU atau Nota Kesepakatan tentang penyiapan SDM industri logam melalui pendidikan dan pelatihan Industri yang diteken oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin Haris Munandar dan Managing Director PT IMIP Hamid Mina di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Nota kesepahaman itu menyangkut tentang pelatihan industri baja yang berbasis kompetensi dengan sistem 3 in 1 (pelatihan, sertifikasi kompetensi dan penempatan kerja). Diklat ini dilaksanakan di setiap politeknik atau akademi komunitas dari jenjang D1 hingga D3.

2. Gandeng PPSDM KEBTKE latih SDM di PT IMIP

Pada bulan Maret 2021, IMIP bersama PPSDM KEBTKE BPSDM ESDM  mengadakan pelatihan dan sertifikasi kompetensi untuk para pekerja IMIP yang dilakukan secara offline. Sebanyak 189 orang diketahui mengikuti diklat untuk pengoperasian PLTU dan bidang kelistrikan ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan