Mohon tunggu...
Indah fatulmuarifah
Indah fatulmuarifah Mohon Tunggu... Filsafat pendidikan

Semangat untuk menggapai mimpi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Aliran Filsafat Esensialisme Beserta Pemikiran Tokoh-tokohnya

19 Mei 2020   13:48 Diperbarui: 19 Mei 2020   14:17 8 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikumwr.wb

Pengertian filsafat pendidikan esensialisme

Merupakan suatu aliran filsafat yang menginginkan agar manusia kembali kepada kebudayaan lama.Mereka menganggap bahwa kebudayaan lama telah banyak memperbuat kebaikan-kebaikan umat manusia yang mereka maksud dengan kebudayaan lama adalah yang telah ada semenjak peradaban manusia yang pertama tetapi paling pedoman iadalah peradaban semenjak zaman renaissance yaitu tumbuh dan berkembang sekitar abad 11 sampaiabad 14 Masehi. Esensialisme memandang bahwa pendidikan harus berpijak pada nilai-nilai yang memiliki kejelasa ndan tahan lama, sehingga memberikan kestabilan dan arah yang jelas.Dan aliran ini memandang pendidikan bahw apendidikan tersebut harus bertumbuh pada dasarnya pandangan yang berubah-ubah, mudah goyah, tidak menentu, dan kurang stabil.

Pemikiran tokoh-tokoh filsafat pendidikan esensialisme yaitu:

William C Bagley

Meyakinkan bahwa fungsi utama pendidikan yaitu dengan menyampaikan warisan budaya yang sudah diterapkankepadagenerasimudaataugenerasi yang akanmendatang. Dalamfilsafatesensialismemenurut William jugaterdapatempatpoinyaitu; minat-minat yang kuatdantahan lama, pengawasan, pengarahan, sertasuatubimbingan, mendisiplinkandiri, danaliranesensialismeinimenawarkanteorikuatdankokohtentangpendidikan.

JohanFrieddrich Herbart

Mempunyai kepercayaan bahwa sifat-sifat alam itu tercermin pada manusia sehingga pada diri manusia terdapay kemampuan-kemampuan wajarnya. Selain itu beliau percaya kepada hal-hal transdental dan manusia mempunyai hubungan terdental langsung dengan tuhan

Fredick Frudel

Beliau berpendapat bahwa pendidikan esensialisme ini lebih mementingkan apa yang mendukung seorang siswa untuk belajar seperti wawasan orang tua, karena merupakan factor [endukung untuk kemajuan seorang siswa.

Sekiandarisayadanterimakasih

Wassalamu'alaikumwr.wb.

VIDEO PILIHAN