Mohon tunggu...
Indah fatulmuarifah
Indah fatulmuarifah Mohon Tunggu... Filsafat pendidikan

Semangat untuk menggapai mimpi

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Metode Filsafat

19 Maret 2020   10:45 Diperbarui: 19 Maret 2020   10:59 10 0 0 Mohon Tunggu...

Assalamu'alaikum wr. wb

Dalam metode filsafat ini ada 3 macam metode yaitu: metode positivisme, metode fenomenologis, metode kritis

1. Metode positivisme

Metode ini berasal dari kata positifis dalam bahasa inggris dan positifus dalam bahasa latin yang artinya yaitu meletakkan. menurut isltilah positivisme pertama kali dikenalkan oleh Sains Simon. Positivisme sendiri muncul untuk menanggapi atau merespon ketidakmampuan filsafat spekulatif dalam menghadapi masalah dan memecahkan masalah yang berhadapan dengan ilmu pengetahuan yang berkebambang begitu pesat. Ada 3 cara membuktikan dalam metode positivisme yaitu: observasi, eksperimen, dan verifikasi.

2. Metode fenomenologis

Metode ini jenis penelitian kualitatif yang diaplikasikan untuk mengungkapkan kesamaan makna dari esensi suatu individual dari pengakuan fenomena tersebut. Tujuan dari fenomenologis ini untuk memproduksi pengalaman individu dari suatu fenomena kedalam deskripsi untuk menjadi esensi universal dari fenomena tersebut.

3. Metode kritis

  Metode kritis ini merupakan metode yang menempatkan sekumpulan manusia sebagai subyek yang aktif dalam membentuk dunia mereka sendiri yang didasarkan pada dialek antar subyek, bukan hanya sekedar observasi dan eksperimen yang menipu rakyat. Ada 2 cara dalam metode kritis ini yaitu: apakah yang ada dalam hidup ini  dengan alasan,dan memikirkan suatu hal yang umum dan menjabarkan ke hal yang lebih khusus atau sebaliknya.

  Dalam metode ini ada juga kekurangan dan kelebihan dari metode yang sudah saya tulis diatas:

1. Kekurangan pada metode positivisme: hanya bisa dilihat dari yang jelas dan nampak saja

    Kelebihan pada metode positivisme: untuk menekankan pada aspek faktual pengetahuan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN