Mohon tunggu...
indah tri winarni
indah tri winarni Mohon Tunggu... Follow my ig @triwinarniindah

Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Film

Review Film "Kim Ji-young, Born 1982": Mencari Kebebasan bagi Wanita

4 Juni 2020   09:54 Diperbarui: 4 Juni 2020   09:42 16 3 0 Mohon Tunggu...

Akhirnya membuat review juga. Sebenarnya banyak film yang aku tonton, dari berbagai genre, tapi untuk membuat review, aku memang selalu pilih-pilih. Biasanya film dengan amanat yang kuat dan tentunya membekas di hatiku, langsung deh buat review. Jadi aku dari dulu sangat tertarik dengan kesetaraan gender, tapi jujur rada gak setuju seratus persen sih. Apalagi adanya gerakan emansipasi wanita atau feminisme, oh lupakan.

Adapun identitasnya:

Judul film             : Kim Ji-young, Born 1982

Sutradara            : Kim Do Young

Durasi                   : 1 jam 58 menit

Tanggal rilis         : 20 November 2019

Pemain utama   : Kim Yu Mi sebagai Kim Ji-young

                                  Gong Yoo sebagai Jung Dae-Hyun

Bercerita tentang seorang wanita yang memiliki keluarga kecil, bernama Kim Ji-young. Ia keluar dari pekerjaannnya setelah melahirkan dan memilih menjadi ibu rumah tangga. Namun, selama menjadi ibu rumah tangga, ia merasa tidak bahagia. Ia hanya disibukkan dengan urusan rumah dan anak, lalu menunggu suami pulang. Diperparah dengan keluarga suaminya yang berpandangan jika istri harus melayani suaminya dengan baik. Puncaknya, ketika ia lelah dengan kondisinya tiba-tiba ia berubah menjadi orang lain (pribadinya). Pernah ia menjadi neneknya, mertuanya, suaminya (kalo ini lupa bener gaknya).

Jujur saja, aku suka banget dengan film ini. Sebenarnya udah lama mau nonton, tapi karena takut baper kalo nonton berbau korea, jadi baru sekarang deh. Aku suka pemainnya, Kim Yu Min (dia kayak orang Jepang gak sih?), suka juga sama Gong Yoo, yang entah kenapa aku baper gitu lihat dia berperan jadi suami, cocok banget (ya memang seharusnya dia udah nikah, woi). Kemistrinya dapat banget, ya mungkin karena ini kali ketiga mereka main bareng (Silenced, Train to Busan, dan 2018 sampai digosipkan mereka bakal nikah, dan gue setuju banget, udah!!).

Film korea Kim Ji-young, Born 1982, penayangannya memang menimbulkan kontroversi karena mengangkat isu gender di Korea Selatan. Tidak sedikit yang menolak film ini, khususnya para pria. Mereka beranggapan film ini telah memberikan pandangan jika pria adalah kaum penindas. Wanita mengalami kungkungan kebebasan karena suami atau ayah mereka. Diperparah dengan budaya Korea Selatan yang memang mengutamakan laki-laki daripada wanita dalam lini kehidupan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x