Mohon tunggu...
Indawati
Indawati Mohon Tunggu... Guru

Learner, Mompreneur, Writer, Founder Digital Optimization Class, Digital Designer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

5 Keunggulan Media Pembelajaran Video Audio Visual

13 April 2021   11:45 Diperbarui: 13 April 2021   12:47 92 1 0 Mohon Tunggu...

Halo Sahabat Kompasiana!

Saat ini kita sedang mengalami pandemi yang berkepanjangan. Sudah setahun lamanya pandemi ini belum berakhir juga. Hal ini menyebabkan berbagai perubahan peradaban di dalam masyarakat. Salah satu sektor yang paling terdampak adalah dunia pendidikan yang berpengaruh pada psikologis dan kepribadian anak.

Selama pandemi, jarang sekali para siswa bertatap muka dengan guru untuk menerima pelajaran sebagaimana mestinya, bahkan ada yang tidak pernah sama sekali. Semua kegiatan pembelajaran beralih pada media daring, yang hasilnya tidak bisa maksimal.

Saat anak-anak mendapat materi dari guru secara daring, mereka sering beralih pada yang lain seperti bermain gim sehingga tidak fokus pada pelajaran. Hal itu membuat mereka lebih cenderung suka bermain gim daring. Akhirnya, pelajaran yang diberikan tidak bisa diterima dengan baik, bahkan anak yang malas belajar tidak akan pernah menyentuh sedikit pun materi yang guru sampaikan.

Selain itu, dengan mendapat tugas setiap hari, anak-anak makin enggan belajar. Mereka sangat terbebani karena bagi mereka makin bertumpuk tugas makin bingung menyelesaikannya, bahkan mereka tidak memahami apa yang ditugaskan.

Untuk itu, perlu adanya sebuah inovasi media belajar yang bisa membuat anak lebih tertarik. Ini adalah sebuah tantangan bagi guru supaya lebih kreatif lagi. Guru harus mencari jalan keluar untuk membuat anak-anak lebih kecanduan belajar dari pada bermain. Harus berinovasi seperti apa? Media apa yang menarik buat mereka?

Salah satunya adalah media belajar yang menggunakan video audio visual. Sebuah video yang disajikan berupa, gambar, tulisan atau animasi yang disertai dengan suara sehingga tampilan lebih menarik, membuat anak betah dalam belajar dan memudahkan anak dalam proses belajar.

Mungkin hal ini merupakan hal baru bagi mereka. Jika awalnya anak-anak selalu menerima materi yang disampaikan oleh guru secara langsung untuk mendapatkan informasi, kini saatnya mereka harus mengubah kebiasaan dalam belajar. Dari cara belajar yang mungkin bisa dikatakan secara tradisional, menjadi lebih modern.

Sahabat, ada beberapa keunggulan media pembelajaran yang berupa video audio visual, di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Materi yang disampaikan mudah dipahami

Dengan menggunakan media audio visual, anak-anak bisa memaksimalkan indra penglihatan dan indra pendengaran mereka dengan maksimal. Materi yang disampaikan melalui media itupun bisa diserap dengan baik sehingga informasi yang diterima bisa dengan mudahnya dipahami oleh anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x