Mohon tunggu...
Inayya Putri
Inayya Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Always be kind person

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

KKN UNS Surakarta di Saat Pandemi Covid-19 Tahun 2020

13 Juli 2020   15:24 Diperbarui: 13 Juli 2020   15:27 14 2 1 Mohon Tunggu...

Oleh : Inayya Putri Pidata (H0817044)

Adanya covid-19 menyebabkan semua kegiatan yang memerlukan partisipan orang banyak harus dihentikan untuk semetara waktu. Kegiatan KKN mahasiswa dalam rangka pengabdian masyarakat yang rutin diadakan oleh Universitas Sebelah Maret setiap tahunnya juga terkena dampak dari covid-19. 

Oleh sebab itu untuk tetap melaksanakan KKN dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, pihak kampus Universitas Sebelas Maret merubah bentuk KKN yang awalnya dilakukan di suatu daerah dan dilaksanakan per kelompok, diubah menjadi individu dan dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing- masing mahasiswa. 

KKN tersebut dinamakan KKN Relawan Covid-19 UNS. Pada KKN ini mahasiswa bisa memilih beberapa tema besar yang telah disediakan. Salah satu tema besar yang dapat diambil pada KKN Batch 3 ini adalah Supporting Pemahaman Masyarakat Terhadap Covid-19. Kegiatan KKN ini berlokasi di Perumahan Madureso Asri  RT 06 RW 04 Cekelan, Temanggung. dibawah bimbingan Ibu Sugini, S.Pd, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Kegiatan KKN ini telah disetujui oleh ketua RT 06 yaitu Bapak Siswanto. Dalam melaksanakan kegiatan KKN di lingkungan Perumahan Madureso Asri ada beberapa program kerja yang telah disusun. Program Kerja yang pertama adalah memberikan edukasi terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan menyediakan ember cuci tangan beserta sabun di lingkungan Perumahan Madureso Asri. 

Dengan disediakan ember cuci tangan beserta sabun diharapkan masyarakat bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Selain program tersebut, terdapat program kerja lain yaitu pemasangan banner di Gapura Perumahan yang berisi himbauan kepada masyarakat untuk memakai masker apabila memasuki wilayah perumahan. Untuk merealisasikan penggunaan masker di lingkungan sekitar perumahan, maka dibuat program kerja yaitu membagikan masker kepada warga Perumahan Madureso Asri. Tiap rumah akan mendapatkan 2 buah masker.

Masker yang dibagikan kepada warga lingkungan Perumahan Madureso Asri RT 06 RW 04 Temanggung/dokpri
Masker yang dibagikan kepada warga lingkungan Perumahan Madureso Asri RT 06 RW 04 Temanggung/dokpri

Kegiatan edukasi masyarakat terkait covid-19 juga dilakukan melalui WhatsApp Grup RT yang dilakukan secara berkala. Kegiatan ini juga diisi dengan pembuatan konten terkait covid-19 seperti physical distancing, pedoman menuju kebijakan New Normal dan pengetahuan serta info seputar covid-19. Konten tersebut dibagikan melalui media social Instagram. Kegiatan KKN ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat lingkungan Perumahan Madureso Asri terkait covid-19.

VIDEO PILIHAN