Mohon tunggu...
Inayatur Rohmah
Inayatur Rohmah Mohon Tunggu... asli

alhamdulillah

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Yuk Mencari Asal-usul Bahasa Indonesia

1 November 2020   09:55 Diperbarui: 1 November 2020   10:10 35 0 0 Mohon Tunggu...

NAMA: INAYATUR ROHMAH

NIM: 2130020018

PRODI: S1 KESEHATAN MASYARAKAT

KELAS: A

Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia disebarkan dengan cara ejaan van ophyusen pada tahun 1901. Ejaan tersebut terdapat pada buku yang berjudul Logat Melajoe yang ditulis oleh Prof. Charles van Ophyusen . Van Ophyusen adalah seorang ahli Bahasa yang berasal dari Belanda.

Bahasa Indonesia sendiri  berasal dari Bahasa melayu  Bahasa melayu sendiri masuk di Indonesia pada abad ke 7 melalui para pedagang yang berasal dari Asia Tenggara Bahasa Melayu menyebar ke pelosok Indonesia bersamaan dengan menyebarnnya agama islam di Indonesia. Bahasa Melayu sendiri digunakan sebagai Bahasa penghubung antarsuku dan para pedagang dari Asia.

Perkembangan Bahasa Melayu sendiri di Indonesia begitu pesat sehingga bertambah kukuh keberadaannya. Perkembangan Bahasa Melayu di Indonesia mendorong rasa persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia. 

Hal tersebut membuat para pemuda Indonesia termotivasi untuk mengangkat Bahasa Melayu sendiri menjadi Bahasa Indonesia yang menjadi Bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia melalui peristiwa Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 yang terdapat pada isi sumpah pemuda pada alenia ke tiga yaitu "Kami putra putri Indonesia menjunjung tinggi Bahasa persatuan, Bahasa Indonesia " pada kalimat tersebut ditegaskan bahwa Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan.

Dan pada tanggal 16 Agustus 1972 Presiden Republik Indonesia meresmikan ejaan Bahasa Indonesia yang Diresmikan (EYD) putusan tersebut berdasarkan Putusan Presiden No. 57 Tahun 1972. Bahasa Indonesia sendiri diresmikan sebagai Bahasa pemersatu berdasar pada Sumpah Pemuda dan  Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai Bahasa negara berdasar pada UUD 1945 bab XV pasal 36.

Kedudukan Bahasa Indonesia  Pada Negara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x