Mohon tunggu...
inayatul widad nasution
inayatul widad nasution Mohon Tunggu... Mahasiswi Ekonomi Islam, UIN Sumatera Utara

Penulis : Inayatul Widad Nasution, Jurusan Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Univesrsitas Islam Negeri Sumatera Utara, sebagai peserta KKN-DR kelompok 138 Tahun 2020 (DPL : Supardi)

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Potret Bisnis Booming di Masa Pandemi yang Wajib Dicoba

7 Agustus 2020   07:30 Diperbarui: 8 Agustus 2020   23:16 244 7 2 Mohon Tunggu...

Dimasa Covid 19 ini diharuskan seluruh negara menerapkan untuk masyarakatnya dirumah aja karena demi memutus rantai penyebaran covid 19 yang sudah memakan ribuan korban di rata-rata negara. Tidak heran pasti akan berdampak kepada seluruh tatanan kehidupan dunia. 

Akibat dari saudara dari Virus Mers ini menyebabkan banyak perusahaan yang tutup  dan mengurangi karyawan serta melakukan PHK terhadap karyawan yang tidak mampu lagi digaji oleh perusahaan.

Dampak ekonomi yang merosot paling terganggu adalah sektor pariwisata seperti tutupnya tempat-tempat hiburan dan rekreasi, hotel-hotel, restaurant dll. Selanjutnya devisit negara juga yang merosot anjlok karena kegiatan ekspor impor yang menurun karena banyak pabrik-pabrik yang tutup diluar negeri, serta para wisatawan tidak ada yang datang ke Indonesia .

Karena banyak pekerja yang di PHK atau dirumahkan banyak sekali hal-hal yang dapat kamu lakukan di rumah dengan mendapatkan keuntungan yang luar bias diantaranya:

  • Bisnis Masker
    Bisnis Masker merupakan bisnis yang sangat popular di masa pandemic ini, karena kita diharuskan untuk tetap memakai masker saat melakukan aktivitas diluar rumah, agar menjaga seringnya kontak fisik antara tangan dengan mulut dan hidung, karena penyebaran Virus ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya. Kemudian jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID19. Atau bisa juga seseorang terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari  si penderita COVID-19. Inilah sebabnya mengapa kita penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang yang sakit dan juga memakai masker.

Jiwa seorang pembisnis pasti akan menggebu-gebu melihat peluang ini, dengan begitu kamu bisa memvariasikan model-model masker yang  lucu agar menarik perhatian konsumen, karena masker sekarang sudah termasuk kedalam kebutuhan primer seperti layaknya pakaian. 

Kamu bisa mengkombinasikan masker untuk harian dengan bahan yang nyaman, masker yang dicampur brokat agar terlihat modis jika di pakai saat acara formal dan juga mungkin dengan memodifikasi masker dengan memberi resleting untuk mempermudah jika ingin minum atau makan diluar. Menarik bukan.

Bisnis Kuliner Sehat rumahan

Selain dapat menghilangkan kegabutan kamu karena dirumah aja, bisnis Booming yang ini juga tidak kalah menariknya buat kamu si jago masak, kamu dapat melakukan pasar secara online, buat si hobby masak ini  sangat cocok untuk menyalurkan hobby sekaligus  kamu bisa meraut keuntungan yang luar biasa.

Walau kita dirumah aja terkadang sebagian orang malah tidak sempat untuk memasak makanan dirumah sendiri karena di masa pandemic ini membuat orang akan lebih sibuk dirumah dibandingkan kerja diluar rumah, penyebabnya adalah jika ibu rumah tangga tugasnya hanya mengurus rumah, sekarang sudah merangkap menjadi guru dirumah, membimbing anak-anaknya dalam melaksanakan sekolah daring ini. Jadi manfaatkan momen ini untuk memiliki usaha yaa.

Kamu bisa usaha kuliner seperti dessert-dessert yang sedang viral saat ini, makanan frozen yang mempermudah konsumen dapat memasak secara instan. 

Makanan diet merupakan bisnis yang sangat oke saat ini dimana kita beraktvitas dirumah saja membuat kita jarang bergerak dan efeknya badan menjadi bertambah berat badan, dijamin bisnis ini akan di gemari oleh kaum wanita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x