Mohon tunggu...
inayatul muthohharoh
inayatul muthohharoh Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Undip

Mahasiswi Universitas Diponegoro Fakultas Psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Bermain Dakon Bisa Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak? Mahasiswa Undip Telah Membuktikannya!

3 Agustus 2021   09:37 Diperbarui: 3 Agustus 2021   19:49 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Jatisari, Madiun (2/8) - Satu tahun lebih Indonesia ditimpa pandemi Covid-19 mengakibatkan banyak perubahan pada banyak hal mulai dari perekonomian, wisata, serta pada hal lain. Pendidikan juga merupakan salah satu hal yang ikut berubah karena adanya kondisi seperti ini.

Demi mampu bertahan dalam kondisi seperti ini, diperlukan adanya adaptasi dan inovasi. Pembelajaran yang dulu dilakukan secara tatap muka, kini terpaksa dilakukan secara online atau dalam jaringan. 

Kondisi ini yang mengakibatkan orangtua harus memberikan gadget pada anak sebagai media belajar anak. Sayannya banyak orangtua yang kurang memberikan kontrol dan pengawasan terhadap penggunaan gadget pada anak. Sehingga anak-anak merasa bebas menggunakan gadgetnya, tanpa ada batasan waktu.

Banyak dampak negatif yang ditimbulkan ketika anak berlebihan dalam menggunakan gadget. Dampak yang ditimbulkan diantaranya adalah anak menjadi malas, baik malas dalam beraktifitas fisik maupun malas belajar. Dampak lain yang bisa ditimbulkan dari hal ini adalah anak akan mengalami kecanduan gadget yang dapat merusak otak anak.

Berkaitan dengan banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan dari pemakaian gadget yang berlebih, maka diperlukan suatu pemecahan atas masalah ini. 

Jika penyelesaian masalah dilakukan dari sisi anak, hal yang bisa dilakukan adalah memberikan suatu intervensi atau perlakuan yang diberikan kepada anak.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian yang sudah ada, salah satu intervensi yang efektif dalam mengatasi masalah penggunaan gadget berlebih pada anak adalah dengan memberikan aktifitas fisik pada anak. Salah satu aktifitas fisik yang menarik dan menyenangkan dimata anak adalah melalui sebuah permainan. 

Maka disini, mahasiswa Undip mencoba mengenalkan dan mengajak anak-anak untuk bermain permainan tradisional sebagai upaya mengatasi permasalahan kecanduan gadget pada anak.

Selain mengatasi permasalahan kecanduan gadget pada anak, adanya program ini juga merupakan salah satu upaya untuk melestarikan permainan tradisional agar terjaga dan dikenal oleh generasi-generasi selanjutnya.

Pertama-tama anak dikenalkan dan diajari mengenai bagaimana cara bermainnya sebelum anak-anak diajak bermain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun