Mohon tunggu...
Inavoice
Inavoice Mohon Tunggu... Lainnya - The Biggest Audio Marketplace and Voice Over Agency in Indonesia

There are several works we can do for you to boost up your project! From our audio marketplace, you can purchase music for your products or campaign, along with various unique voices from our voice over Indonesia talents. We also provide 18 different languages and more languages soon You can also create your own music for your project with us!

Selanjutnya

Tutup

Karir

Voice-Over Talent yang Laku Oleh Brand dan Perusahaan

16 Februari 2021   18:43 Diperbarui: 18 Juni 2021   16:26 598 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Voice-Over Talent yang Laku Oleh Brand dan Perusahaan
Voice Over Talent/edit dari pexels.com

Hai-hai, kali ini Mina mau ngebahas tentang Voice-Over talent from a-z. Sudah siapkah temen-temen voice enthusiast untuk membahas hal ini? Dalam artikel ini Mina akan ngebahas tentang definisi Voice-Over talent, tugasnya, peluang, dan gajinya. Semoga pembahasan Mina menarik ya.

               Kita harus melihat bahwa geliat industry Voice-Over Indonesia saat ini sungguh besar. Dari mana Mina bisa liat itu? Munculnya influencer social media, dan maraknya Voice-Over talent menjual jasa secara online merupakan indicatornya. Kini voice talent sudah tak terhitung jumlahnya, di Inavoice sendiri ada 200 lebih talenta pengisi suara yang terseleksi, dan lebih dari 20 sample suara dikirimkan setiap harinya untuk mendaftar di Inavoice agensi Voice-Over indonesia.

                Bisa kebayangkan berapa banyak orang yang ingin menjadi freelance voice talent? Nah melihat hal ini, Mina jadi ngerasa penting untuk menjelaskan beberapa hal yang penting seperti yang akan Mina jelasin dalam artikel ini. Yuk kita bahas satu per satu penjelasannya :

Voice-Over Talent : Definisi, Tugas, Peluang, Gaji, dan Tipe Suara Populer

1. Definisi Voice-Over Talent

Voice-Over talent adalah pembaca naskah yang akan mengisi kebutuhan audio visual dari client. Voice-Over talent biasanya membacakan naskah dengan fungsi identitas, promo dan marketing, dan juga edukasi.

Karena bertugas membacakan naskah, Voice-Over talent sering disamakan dengan narrator. Padahal menurut kami, narrator itu berbeda dengan Voice-Over talent. Apa yang membedakannya? Narrator bagi kami adalah kategori pekerjaan, yang mana pekerjaan dalam kategori narrator memiliki ciri yang sama, membacakan naskah dibelakang layar dan memberikan nyawa (theater of mind) pada naskah yang dibacakan.

Contoh profesi dalam kategori narrator adalah Voice-Over talent, dubber, podcast host, radio announcer, dan beberapa pekerjaan lainnya.

2. Peluang Menjadi Voice-Over Talent di Indonesia

Berbicara mengenai peluang menjadi voice talent, atau yang lebih popular disebut sebagai pengisi suara, sungguh masih sangat terbuka lebar. Khususnya di Indonesia, trend menjadi freelance pengisi suara baru benar-benar berkembang di Indonesia sejak tahun 2015. Trend ini terus berkembang dan menjadi besar setelah banyak social media influencer yang mempopulerkan pekerjaan ini.

Menjadi voice talent bagi sebagaian orang memang pekerjaan yang mudah. Membaca dengan intonasi, memahami jeda kata yang tepat dari naskah, memberikan emphasis, merupakan skill yang harus dimiliki bila ingin menjadi pengisi suara, dan bagian Sebagian orang ini merupakan karunia bawaan. Bukan berarti hal ini tidak bisa dilatih ya.

Peluang ini menjadi semakin terbuka lebar karena bermunculannya Voice-Over agency, marketplace, dan komunitas Voice-Over yang akan sangat bermanfaat bagi pembangunan karir VO talent pemula.

3. Tugas Voice-Over Talent

Walau mungkin membaca naskah merupakan hal yang mudah bagi pengisi suara / voice talent, ada satu tugas penting yang harus dan wajib ditunaikan Ketika anda terpilih untuk mengisi suara untuk sebuah produk audio visual. Tugas atau tanggung jawab tersebut adalah, memberikan nyawa bagi naskah yang anda bacakan, dan memastikan bahwa pesan yang anda bacakan tersampaikan dengan sempurna ke pendengar.

Dengan tugas dan tanggung jawab yang harus di emban ini, apakah anda masih merasa membaca naskah akan mudah? Saya rasa tidak. Voice talent harus memiliki skill voice acting yang baik, mengerti pesan apa yang harus disampaikan, memberi emosi pada naskah, sehingga pesan tersampaikan dan mencapai tujuan dari pembuatan produk Voice-Over tersebut (biasanya engagement, awareness, sales target, dsb).

4. Gaji Voice-Over Talent di Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN