Mohon tunggu...
Inas Atikah
Inas Atikah Mohon Tunggu... Pelajar

SMAN 1 PADALARANG

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Alpukat Kaya Manfaat

22 Januari 2020   20:11 Diperbarui: 22 Januari 2020   20:11 36 5 0 Mohon Tunggu...

Siapa yang tidak tau buah alpukat? teman-teman semua mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Alpukat merupakan buah yang disukai banyak orang karena buah tersebut memiliki banyak manfaat dan khasiat di dalamnya.

Buah alpukat ini juga tidak susah untuk kita cari, alpukat merupakan buah yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Kita dapat menjumpai-nya di supermarket atau pasar-pasar swalayan lainnya.

Buah serbaguna yang memiliki banyak manfaat dan khasiat didalamnya. Biasanya buah alpukat sering dimanfaatkan untuk dibuat menjadi minuman seperti jus alpukat atau campuran bahan dalam es campur, ice cream, maupun hidangan lainnya.

Alpukat ini bisa dikatakan sebagai buah yang luar biasa karena selain lezat rasanya, alpukat juga banyak memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan manusia, baik dalam kesehatan maupun untuk kecantikan.

Alpukat atau buah yang dikenal dengan nama latin Persea Americana adalah buah yang berwarna hijau, berbentuk bulat lonjong, memiliki daging tebal dengan tekstur empuk dan rasanya sedikit manis dan ditengahnya terdapat biji berukuran bulat sedang.

Buah alpukat ini pertama kali ditemukan di Meksiko. Hampir setiap bagian dari pohon alpukat ini dapat dimanfaatkan oleh manusia. Biji dan daunnya dapat digunakan dalam industri pakaian. Kulitnya dimanfaatkan untuk pewarna coklat pada produk yang terbuat dari kulit. Kayunya bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar manusia.

Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lebih dari 25 nutrisi penting termasuk vitamin A, B, C, E dan K, zat besi, magnesium dan kalium. Bahkan teman-teman akan perlu memakan dua atau tiga buah pisang untuk mendapatkan kandungan kalium dalam satu alpukat.

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya :

1. Alpukat mengendalikan tekanan darah
Alpukat juga merupakan sumber kalium yang membantu dalam mengontrol tekanan darah.

2. Alpukat mengatur kadar gula darah
Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur gula darah. Alpukat juga mengandung banyak serat yang menjaga kadar gula darah stabil.

3. Alpukat melindungi terhadap kanker
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x