Mohon tunggu...
Ina Purmini
Ina Purmini Mohon Tunggu... Lainnya - IRT dan PNS

Bukan siapa-siapa, hanya manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Distribusi Bantuan Bencana Lancar dengan Melibatkan Lembaga Desa

3 Desember 2022   19:22 Diperbarui: 9 Desember 2022   10:01 571
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lokasi posko pengungsi di Kampung Pasirgombong, Desa Sukamulya, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Tribun Jabar)

Distribusi bantuan yang terkendala, seringkali terjadi dalam peristiwa bencana alam, demikian juga dengan bencana alam gempa bumi yang terjadi di Cianjur. Masyarakat yang menjadi korban bencana tidak segera tertangani dengan baik.

Bantuan sandang, pangan, papan dan obat-obatan seharusnya dapat segera dikirimkan ke lokasi bencana untuk mengurangi dampak bagi korban, terutama bagi mereka kelompok rentan seperti bayi, balita, lansia dan ibu menyusui serta ibu hamil.

Medan yang berat biasanya menjadi faktor paling berpengaruh dalam sulitnya distribusi bantuan sampai ke korban, di samping kurang terkoordinirnya distribusi bantuan. 

Kabupaten Cianjur dengan topografi perbukitan serta kondisi pasca gempa yang merusak sebagian prasarana dan sarana jalan, membuat semakin sulit distribusi bantuan sampai kepada para korban.

Agar bantuan terdistribusi dengan baik mestinya memenuhi empat tepat, yaitu tepat alur distribusi, tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat kualitas/kuantitas. Dan untuk bisa mencapai empat tepat di atas, maka keterlibatan kelembagaan masyarakat di desa sangatlah penting. 

Mengapa? Sebab yang paling mengerti keadaan di desa, baik itu mengenai medan, lokasi, berapa banyak dan bagaimana kondisi korban, dimana letak tenda/bangunan pengungsian, dan lain-lain adalah desa itu sendiri. 

Kelembagaan desa mulai dari Pemerintah Desa sendiri, juga RT, RW, Puskesos, Karang Taruna, Linmas, PKK, bahkan BUMDes bisa digerakkan, dilibatkan secara aktif untuk membantu korban bencana termasuk dalam hal distribusi bantuan.

1. Tepat alur distribusi

Tentu manajemen bencana termasuk distribusi bantuan sudah ada SOP yang memadai, namun seringkali di sisi implementasi tidak berjalan sebagaimana diharapkan. 

Oleh karena itu harus dipastikan bahwa bantuan dari manapun datangnya hendaknya disalurkan melalui jalur yang tepat, agar tidak terjadi tumpang tindih yang akibatnya bantuan tidak tersalurkan, atau menumpuk di satu tempat, atau bahkan dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun