Mohon tunggu...
Ina Purmini
Ina Purmini Mohon Tunggu... Lainnya - IRT dan PNS

Bukan siapa-siapa, hanya manusia biasa

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Pengen Awet Muda? Begini Caranya

19 November 2022   17:10 Diperbarui: 19 November 2022   17:21 327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berapa kira-kira usia perempuan pada foto di atas? 30, 40, 50 atau 60 tahun? 

Terlepas dari berapa usianya, saya ingin berbagi tips tentang bagaimana caranya tetap awet muda. Hanya ada 2 hal sebenarnya untuk menjaga agar tetap nampak awet muda, produktif dan menarik, yaitu menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Itu saja.

1. Kesehatan jasmani

a. Rutin berolahraga dan tetap aktif bergerak

Kehidupan di jaman yang serba canggih sekarang ini, yang memberikan banyak kemudahan, ibarat dunia ada di genggaman kita, membuat orang semakin malas bergerak karena semua dapat diselesaikan dengan sentuhan jari. Mulai dari belanja yang tak perlu lagi jalan ke pasar karena sudah didatangi mang sayur, memasak tak perlu lagi repot di dapur cukup dengan pesan makanan lewat aplikasi, mau transfer uang tak perlu repot ke ATM atau ke bank, cukup buka m-banking di HP kita, berangkat dan pulang kerja tak perlu jalan kaki atau bersepeda tetapi dengan kendaraan roda empat atau roda dua, naik turun ruangan di kantor pakai lift, dan lain-lain. 

Oleh karena itu, kita harus bisa melawan diri sendiri, melawan kemalasan kita untuk bergerak, dengan melakukan olahraga ringan setiap hari. Luangkan waktu setiap hari minimal 30 menit untuk olahraga ringan. Dapat dilakukan di pagi hari ataupun malam hari menjelang tidur. Untuk yang paling malas berolahraga, bahkan bisa dilakukan dengan berbaring di tempat tidur, lakukan gerakan-gerakan semacam bersepeda di udara, yaitu posisi berbaring telentang kaki di atas dan lakukan gerakan kaki mengayuh sepeda. Masih dengan berbaring lakukan sit up semampunya dan banyak gerakan lain yang dapat dilakukan dengan berbaring yang dapat menjaga kebugaran badan.

Bagi yang tidak bisa meluangkan waktu, lakukan gerakan selama anda beraktifitas keseharian, usahakan berjalan kaki minimal 10.000 langkah sehari. Caranya? Dapat dilakukan dengan berjalan kaki ke kantor atau turun dari kendaraan tidak di halte terdekat dengan kantor sehingga ada kesempatan berjalan kaki. Membeli keperluan di warung dekat rumah dengan jalan kaki bukan dengan naik kendaraan roda dua. Saat melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, menyetrika dan lain-lain, sisipkan gerakan-gerakan olahraga ringan. 

Jangan lupa lakukan peregangan juga setiap hari, terutama saat bangun tidur dan menjelang tidur untuk melenturkan otot-otot yang kaku dan persendian atau tulang yang pegal.

b. Pola makan B2SA (Beragam, Berimbang, Bergizi dan Aman)

Pola makan juga perlu diperhatikan agar badan tetap sehat dan tidak terjadi obesitas yang memicu berbagai macam penyakit seperti kolesterol, diabetes atau tekanan darah tinggi. Pola makan B2SA dapat dijadikan sebagai pedoman dalam konsumsi kita sebagai berikut :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun